Google Tunda Peluncuran Chatbot AI Gemini, Ini Pertimbangannya - Beritasatu

Google Tunda Peluncuran Chatbot AI Gemini, Ini Pertimbangannya

Senin, 4 Desember 2023 | 18:34 WIB
Penulis: Herman | Editor: HE
Logo Google.
Logo Google. (AFP)

Jakarta, Beritasatu.com - Google mengumumkan penundaan peluncuran Gemini, chatbot artificial intelligence (AI) generasi terbaru mereka hingga awal tahun depan. Gemini awalnya dijadwalkan untuk diperkenalkan pada November 2023, tetapi mengalami kesulitan dalam menanggapi pertanyaan non-Inggris selama pengujian internal.

ADVERTISEMENT

Dilansir dari Gizmochina, Senin (4/12/2023), Gemini awalnya dianggap sebagai chatbot AI percakapan terkuat dari Google, dan seharusnya membuat debutnya dalam serangkaian acara di California, New York, dan Washington DC.

BACA JUGA

Namun, CEO Google Sundar Pichai memutuskan untuk menunda peluncuran setelah mengetahui bahwa kemampuan Gemini dalam menanggapi kueri non-Inggris tidak sesuai dengan harapan.

ADVERTISEMENT

Dukungan bahasa global menjadi kunci bagi ambisi Google untuk menjadikan Gemini sebagai alternatif superior dibandingkan GPT-4 OpenAI. Hingga Gemini dapat menunjukkan keunggulan dalam menangani pertanyaan non-Inggris, Google berpendapat saat ini masih terlalu awal untuk memperkenalkannya secara luas.

Meskipun mengalami penundaan, Google tetap optimistis akan potensi Gemini untuk melampaui GPT-4. Dalam pengujian internal, Gemini dikatakan mampu mengungguli GPT-4 berkat kekuatan komputasinya yang unggul.

BACA JUGA

"Saya telah melihat beberapa hal yang sangat menakjubkan. Misalnya, jika saya mencoba membuat kue, buatkan saya tiga gambar langkah-langkah cara membuat es kue tiga lapis, dan Gemini akan membuat gambar tersebut. Ini benar-benar gambar baru, bukan hanya gambar dari internet," ungkap Wakil Presiden Google Sissie Hsiao.

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)