Cara Menggunakan Quick Look Mirip Mac di File Explorer Windows 10 / 11 - winpoin

 

Cara Menggunakan Quick Look Mirip Mac di File Explorer Windows 10 / 11


  • Posted by
  • 2 min

Ketika saya menggunakan Mac, ada satu fitur dari Finder yang cukup saya suka, yaitu Quick Look yang mulai diperkenalkan Apple mulai Mac OS X 10.5 Leopard, dengan fitur tersebut kita bisa membuka preview dari berbagai file dengan hanya menggunakan satu tombol saja.

Nah tentu saya dari dulu berharap bahwa Microsoft akan menghadirkan fitur yang sama di Windows mengingat fitur ini cukup bermanfaat untuk melihat sebuah file dengan cepat tanpa harus terbuka dalam aplikasi secara terpisah.

Microsoft Rilis Fitur Peek di PowerToys

Sekitar bulan Agustus 2023 lalu Microsoft mulai menghadirkan fitur baru di aplikasi PowerToys yang mereka sebut dengan PowerToys Peek, nah fitur ini pada dasarnya adalah fitur yang mirip dengan Quick Look dari Finder di Mac yang tentu kamu wajib banget coba guys.

Secara default, fitur ini telah aktif untuk dapat langsung kita gunakan, keyboard shortcut defaultnya adalah CTRL + Space seperti pada gambar diatas.

Cara Menggunakan Fitur PowerToys Peek

Untuk menggunakan fitur ini, kita cukup memilih file yang akan kita intip di File Explorer, kemudian setelah terpilih kita bisa menekan tombol CTRL + Space secara bersamaan.

Secara otomatis, nanti file yang kita pilih akan terbuka dalam mode preview di fitur peek seperti pada gambar berikut.

Dalam tampilan preview tersebut, nantinya kita bisa membuka file dalam aplikasi terpisah dengan opsi Open with (nama aplikasi), seperti yang dapat kamu lihat pada gambar berikut :

Dukungan Format File

Nah menariknya, bukan hanya file Gambar dan Video saja yang akan terbuka dengan fitur peek ini, melainkan hampir semua file yang ada, mulai dari Arsip bahkan hingga file Dokumen seperti Word, Excel dan PowerPoint.

Meskipun begitu, fitur ini tidak dapat memutar Audio baik MP3 atau Flac.

Namun secara umum fitur ini sangat bermanfaat untuk kamu yang ingin mengintip sebuah file tanpa harus membuka aplikasi khusus secara terpisah, kenapa? karena membuka file dengan fitur peek ini saya rasa lebih cepat daripada membukanya dengan aplikasi tertentu (misalkan Word atau Excel).

Nah untuk kamu yang belum mencoba, ada baiknya kamu mulai mencoba fitur ini juga guys, dan untuk kamu yang telah menggunakan Mac, setidaknya fitur yang sama akhirnya telah tiba, meski memang tidak hadir secara default di Windows dimana kita harus mendownload dan menggunakan aplikasi PowerToys terlebih dahulu.

Bagaimana menurutmu? komen dibawah guys.

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)