Pertamina Punya Kapal Kembar Baru, Panjangnya 3 Kali Lapangan Bola! - detik

Pertamina Punya Kapal Kembar Baru, Panjangnya 3 Kali Lapangan Bola!

Achmad Dwi Afriyadi

Jakarta -

PT Pertamina (Persero) melalui PT Pertamina International Shipping (PIS) menambah dua kapal berukuran raksasa. Kapal kembar tersebut yakni VLGC Pertamina Gas Tulip dan Pertamina Gas Bergenia.

"Sah! Pertamina International Shipping punya kapal kembar lagi. Mengawali tahun 2024, VLGC Pertamina Gas Tulip dan Pertamina Gas Bergenia siap menghantarkan energi ke penjuru lautan," demikian pengumuman Pertamina di Instagram seperti dikutip, Jumat (12/1/2024).

Kapal VLGC ini disebut-sebut memiliki teknologi terkini dan rendah emisi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kapal VLGC yang memiliki teknologi terkini dan lebih rendah emisi ini resmi diluncurkan pada Januari 2024 di Hyundai Samho, Korea Selatan," tulis Pertamina.

Bagaimana spesifikasinya? Berdasarkan unggahan Pertamina, Pertamina Gas Tulip dan Pertamina Gas Bergenia adalah kapal tanker gas raksasa yang mengangkut komoditas besar. Adapun muatan kapal ini yakni LPG dan ammonia.

Kapal tersebut memiliki panjang 200-300 meter atau setara 2-3 kali lapangan sepak bola. Adapun kapasitas kapal ini mencapai 90.000 m3.

Kapal ini menggunakan dua bahan bakar (dual fuel) yakni BBM rendah sulfur dan gas. Kemudian, energi yang digunakan 16% lebih efisien.

Kapal ini menghasilkan emisi yang lebih rendah dan mengangkut kargo gas dan ammonia yang penting dalam transisi energi.

(acd/kil)

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)