Jangan Kaget, Mobil-mobil Listrik Ini Ternyata Buatan Bekasi dan Cikarang - Beritasatu

 

Jangan Kaget, Mobil-mobil Listrik Ini Ternyata Buatan Bekasi dan Cikarang

Senin, 12 Februari 2024 | 21:48 WIB
WT
WT
Mobil-mobil listrik seperti Hyundai Ioniq 5, Chery Omoda E5, Wuling Air ev, Mitsubishi L100 EV, MG 4 EV, dan MG ZS EV dibuat di Bekasi, Jawa Barat.
Mobil-mobil listrik seperti Hyundai Ioniq 5, Chery Omoda E5, Wuling Air ev, Mitsubishi L100 EV, MG 4 EV, dan MG ZS EV dibuat di Bekasi, Jawa Barat. (Ilustrasi/IST)

Jakarta, Beritasatu.com - Beberapa mobil listrik yang saat ini dipasarkan di Indonesia ternyata banyak yang dibuat di wilayah Bekasi dan Cikarang, Jawa Barat. Kendaraan roda empat hijau itu dirakit dan diproduksi oleh tangan-tangan terbaik anak bangsa.

ADVERTISEMENT

Beberapa pabrikan mobil memang sengaja memproduksi dan merakit mobil listrik di Tanah Air. Pasalnya pemerintah memberikan kebijakan insentif yang cukup besar buat pabrikan yang memang mau memproduksi atau merakit mobil listrik di dalam negeri.

Kebijakan insentif itu membuat harga mobil listrik tersebut jadi lebih terjangkau dibanding membawanya secara utuh ke dalam negeri melalui skema impor.

BACA JUGA
ADVERTISEMENT

"Kami akan mendorong industri itu bukan impor mobilnya, tapi pabriknya didatangkan ke sini supaya ada nilai tambah tenaga kerja dan sebagainya," kata irektur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin Taufiek Bawazier.

Lalu mobil-mobil listrik mana saja yang memang diproduksi di Bekasi dan Cikarang, Jawa Barat? Cermati daftarnya di bawah ini:

1. Wuling Air ev

Wuling Air ev merupakan mobil listrik perdana yang dibawa oleh Wuling Motors ke Indonesia. Mobil listrik mungil itu diproduksi di pabrik Wuling yang ada di GIIC, Deltamas, Cikarang, Kabupaten Bekasi.

Saat ini Wuling Air ev dijual di harga Rp 190 juta hingga Rp 275 juta.

2. Mitsubishi L100 EV

Mobil listrik Mitsubishi L100 EV memiliki bentuk yang sangat unik. MObil listrik niaga ringan itu justru diproduksi di GIIC, Deltamas, Cikarang, Kabupaten Bekasi.

3. MG ZS EV dan MG 4 EV

MG Motor Indonesia memanfaatkan pabrik yang dimiliki Wuling di GIIC, Deltamas, Cikarang, Kabupaten Bekasi, untuk merakit mobil listrik MG ZS EV dan MG 4 EV.

Saat ini MG ZS EV dijual di harga Rp 453 juta sedangkan MG 4 EV dijual di Rp 433 juta.

BACA JUGA

4. Chery Omoda E5

Chery merakit mobil listrik andalan mereka Chery Omoda E5 di pabrik milik PT Handal Motor Indonesia yang berada di Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat.

Chery Omoda E5 dijual di harga Rp 498,8 juta.

5. Hyundai Ioniq 5

Seperti Wuling Air ev, Hyundai Ioniq 5 adalah mobil listrik yang sangat populer di Indonesia. Siapa sangka mobil listrik itu justru sudah diproduksi di pabrik Hyundai yang ada di GIIC, Deltas, Cikarang, Kabupaten Bekasi.

Harga Hyundai Ioniq 5 dijual mulai Rp 782 juta hingga Rp 895 juta.

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)