Jokowi Teken Perpres Publisher Rights, Begini Respons Google - Tempo

 

Jokowi Teken Perpres Publisher Rights, Begini Respons Google

Rr. Ariyani Yakti Widyastuti

Rabu, 21 Februari 2024 10:52 WIB

Presiden RI Jokowi memberikan sambutan saat puncak perayaan Hari Pers Nasional 2024 di Ancol, Jakarta, Selasa, 20 Februari 2024. Jokowi menganggap bahwa kebebasan pers di Indonesia masih berjalan dengan baik. TEMPO/ Febri Angga Palguna

TEMPO.COJakarta - Google buka suara soal pengesahan Perpres Publisher Rights oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Adapun menurut Kepala Negara, Perpres Nomor 32 Tahun 2024 tentang Tanggung Jawab Perusahaan Platform Digital untuk Mendukung Jurnalisme Berkualitas ini mengusung semangat membentuk jurnalisme berkualitas.

“Kami memahami pemerintah telah mengesahkan peraturan tentang penerbit berita, dan kami akan segera mempelajari detailnya," kata perwakilan Google melalui keterangan tertulis yang diterima Tempo, Rabu, 21 Februari 2024.

Google mengklaim selama ini telah bekerja sama dengan penerbit berita dan pemerintah untuk mendukung dan membangun masa depan ekosistem berita yang berkelanjutan di Indonesia. Google menilai pentingya produk mereka untuk dapat berita dan perspektif yang beragam tanpa prasangka dan bias.

"Maka dalam upaya bersama ini, kami selalu menekankan perlunya memastikan masyarakat Indonesia memiliki akses ke sumber berita yang beragam, dan juga perlunya mengupayakan ekosistem berita yang seimbang di Indonesia, yaitu, ekosistem yang dapat menghasilkan berita berkualitas untuk semua orang, sekaligus memungkinkan semua penerbit berita, baik besar maupun kecil, untuk berkembang," ujar perwakilan Google.

Presiden Jokowi menandatangani Perpres Publisher Rights pada Selasa, 20 Februari 2024. Ia mengatakan semangat awal dari perpres ini adalah ingin membentuk jurnalisme berkualitas.

Advertising
Advertising

"Kami juga ingin memastikan keberlanjutan industri media nasional, kita ingin kerja sama lebih adil antara perusahaan pers dengan platform digital," kata Jokowi dalam pidatonya saat Peringatan Hari Pers Nasional Tahun 2024 di kawasan Ancol, Jakarta, Selasa, 20 Februari 2024.

Jokowi juga mengatakan, perpres ini sama sekali tidak dimaksudkan untuk mengurangi kebebasan pers. Dia menegaskan Publisher Rights lahir dari keinginan dan inisiatif insan pers. Menurut Jokowi, pemerintah tidak sedang mengatur konten pers tetapi mengatur hubungan bisnis antara perusahaan pers dan platform digital.

Berdasarkan salinan dokumen Perpres Publisher Rights yang diterima Tempo, pasal 7 menyebut kerja sama perusahaan platform digital dengan perusahaan pers dituangkan dalam perjanjian kerja sama.

Kerja sama yang dimaksud berupa lisensi berbayar, bagi hasil, berbagi data agregat pengguna berita, dan/atau bentuk lain yang disepakati. Adapun bagi hasil yang dimaksud merupakan pembagian pendapatan atas pemanfaatan berita oleh platform digital yang diproduksi perusahaan pers berdasarkan perhitungan nilai keekonomian.

Ketua Umum Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wahyu Dhyatmika optimistis beleid ini akan membuka jalan bagi negosiasi bisnis yang setara antara perusahaan platform digital dan penerbit media digital di Indonesia.

"Pemberlakuan aturan ini akan berdampak signifikan bagi anggota AMSI. Sejumlah media yang selama ini sudah memiliki perjanjian lisensi konten dengan platform digital akan memperoleh kepastian pendapatan," kata Wahyu melalui keterangan tertulis, Selasa, 20 Februari 2024.

Sementara media-media yang belum memiliki perjanjian dengan platform—selama sudah terverifikasi di Dewan Pers—bisa mulai menegosiasikan sebuah relasi bisnis yang saling menguntungkan. Perjanjian bisa dilakukan masing-masing media secara individu maupun kolektif.

"AMSI berkomitmen menjembatani anggota yang belum terverifikasi di Dewan Pers untuk mendapatkan kompensasi melalui perjanjian kolektif," tutur Wahyu.

Menurut Wahyu, Perpres Publisher Rights membuka ruang bagi model bisnis baru di luar model bisnis yang mengandalkan impresi atau pencapaian traffic (pageviews). Menurutnya, dominasi model bisnis media semacam itu turut berkontribusi pada munculnya banyak konten sensasional, click bait, serta konten yang terlampau mengandalkan kecepatan dengan mengorbankan akurasi dan kelengkapan fakta.

"Perpres ini diharapkan memperbaiki ekosistem bisnis media di Indonesia," kata dia.

Berita terkait

Jokowi Sahkan Perpres Publisher Rights, Bisa Pengaruhi Kebebasan Pers?

19 menit lalu

Jokowi Sahkan Perpres Publisher Rights, Bisa Pengaruhi Kebebasan Pers?

Jokowi teken Perpres No. 32 tahun 2024 mengatur Platform Digital dalam mendukung industri jurnalisme berkualitas. Apakah mempengaruhi kebebasan pers?

Jokowi Buka Makassar New Port: Nggak Kalah dengan Pelabuhan Negara Lain

31 menit lalu

Presiden Jokowi mengharapkan pelabuhan ini dapat berkembang dan menjadi yang terbesar di Indonesia Timur.

AHY Resmi Dilantik sebagai Menteri ATR, Begini Perjalanan Kariernya

1 jam lalu

AHY Resmi Dilantik sebagai Menteri ATR, Begini Perjalanan Kariernya

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY, resmi dilantik menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) oleh Presiden Jokowi

Fokus Hadi Tjahjanto di Tengah Wacana Hak Angket Pemilu hingga Penolakan Sirekap

1 jam lalu

Menkopolhukam baru Hadi Tjahjanto ingin menjaga fokus pada kondusifitas pasca penyelenggaraan Pemilu 2024.

Telan Biaya Rp 1,2 Triliun, Ini Profil SPAL-DT Makassar yang Diresmikan Jokowi Hari Ini

1 jam lalu

Telan Biaya Rp 1,2 Triliun, Ini Profil SPAL-DT Makassar yang Diresmikan Jokowi Hari Ini

Presiden Jokowi menekankan pentingnya SPAL-DT untuk mengelola limbah cair agar ramah lingkungan. Berikut profil SPAL-DT Makassar.

Harga Beras Terus Naik, Solusi Zulkifli Hasan Minta Masyarakat Beralih dari Beras Premium ke Beras SPHP, Apakah Itu?

1 jam lalu

Harga Beras Terus Naik, Solusi Zulkifli Hasan Minta Masyarakat Beralih dari Beras Premium ke Beras SPHP, Apakah Itu?

Harga beras terus naik. Mendag Zulkifli Hasan meminta masyarakat beralih dari beras premium ke beras SPHP. Jenis apakah beras ini?

Daftar Menteri Terbaru Kabinet Jokowi: Mahfud ke Luar, AHY Masuk

2 jam lalu

Berikut daftar menteri terbaru Presiden Jokowi setelah keluarnya Mahfud Md dan masuknya AHY.

Jokowi Resmikan Sistem Pengelolaan Air Limbah di Makassar

2 jam lalu

Presiden Jokowi menekankan pentingnya perangkat ini untuk mengelola limbah cair agar ramah lingkungan.

Warganet Ungkit Buku SBY 'Pilpres 2024 & Cawe-cawe Presiden Jokowi' Usai AHY Dilantik Jadi Menteri

2 jam lalu

Warganet Ungkit Buku SBY 'Pilpres 2024 & Cawe-cawe Presiden Jokowi' Usai AHY Dilantik Jadi Menteri

Buku SBY yang berjudul 'Pilpres 2024 & Cawe-cawe Presiden Jokowi' kembali diungkit warganet usai AHY dilantik jadi menteri. Kenapa?

Adi Prayitno Tak Sepakat Politik Merangkul Usai Pilpres: Biarkan Jadi Oposisi, Jahat Bagi Rakyat Jika Ujungnya Semua Berkoalisi

2 jam lalu

Adi Prayitno Tak Sepakat Politik Merangkul Usai Pilpres: Biarkan Jadi Oposisi, Jahat Bagi Rakyat Jika Ujungnya Semua Berkoalisi

Pengamat politik Adi Prayitno mengkritisi upaya merangkul usai pilpres dalam satu koalisi. "Biarkan yang kalah menjadi oposisi," katanya.

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin