Task Manager di Windows 11 Akan Dapatkan Dukungan NPU dari AMD - Winpoin

 Task Manager di Windows 11 Akan Dapatkan Dukungan NPU dari AMD

Gylang Satria

Sebuah fitur baru tampaknya akan kembali dihadirkan di Windows 11, karena kabarnya dalam waktu dekat dukungan NPU dari AMD akan hadir di Task Manager.

NPU atau Neural Processing Unit merupakan rangkaian pemroses khusus untuk mempercepat kemampuan sistem kecerdasan buatan di sistem komputasi, dan menurut AMD, NPU mereka akan didasarkan pada Microsoft Compute Driver Model (MCDM) yang artinya pengguna akan bisa memantau beban pada NPU langsung di Task Manager bersamaan dengan CPU dan GPU.

AMD has been working with Microsoft to enable MCDM (Microsoft Compute Driver Model) infrastructure on the AMD NPU (Neural Processing Unit)-enabled Ryzen 8040 Series of mobile processors. MCDM is a derivative of Windows Display Driver Model (WDDM) that is targeting non-GPU, compute devices, such as the NPU. MCDM enables NPUs to make use of the existing GPU device management infrastructure, including scheduling, power management, memory management, and performance debugging with tools such as the Task Manager. MCDM serves as a fundamental layer, ensuring the smooth execution of AI workloads on NPU devices. 

Baca Juga : Cara Install Sudo di Windows 11 22H2 / 23H2

Kemampuan untuk memonitor aplikasi secara real time tentu akan sangat berguna karena dengan ini pengguna dapat mengontrol tugas dan aplikasi untuk menghemat konsumsi daya dan tentu akan dapat mengontrol battery usage untuk para pengguna laptop.

Selain dapat melihat CPU dan GPU, dapat memonitor NPU tentu akan menjadi peningkatan paling menarik untuk Task Manager, terutama disaat teknologi serba AI yang ada saat ini.

Baca Juga : Microsoft Uji Sticky Notes Baru Untuk Windows 11

Dan tentu dengan hadirnya dukungan NPU ke Task Manager akan meningkatkan minat terhadap kecerdasan buatan / AI. Bagaimana menurutmu? komen dibawah guys.

Via : AMD

Written by

Penulis, Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan.

Post navigation

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)