Lagi!, Microsoft Hadirkan Iklan Pop-up Bing di Google Chrome | WinPoin

 

Lagi!, Microsoft Hadirkan Iklan Pop-up Bing di Google Chrome | WinPoin

Peluncuran update via sisi server mungkin menjadi hal yang cukup bermanfaat karena pengguna tidak perlu memperbarui browser secara manual setiap kali ada update yang tersedia.

Namun kadang kala peluncuran update seperti ini sering dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, seperti penambahan fitur tidak bermanfaat atau justru iklan.

Mengenai hal tersebut, baru baru ini seperti yang dilaporkan oleh Windows Latest, mereka mendapati bahwa ada iklan popup di browser Google Chrome di Windows 10 dan Windows 11, dimana ini bukan malware atau sejenisnya melainkan merupakan kampanye iklan yang dihadirkan Microsoft.

While using Google Chrome, I encountered a Bing pop-up on the right side of the browser. For a moment, I thought Chrome was infected with malware, but it turned out to be a new Microsoft campaign.

Ungkap Windows Latest

Sementara itu, pihak Microsoft memberikan pernyataan, bahwa mereka tengah melakukan testing / uji coba “one time” notification yang mendorong pengguna untuk menggunakan Bing sebagai default search engine di Google Chrome.

Selain itu, iklan tersebut juga menampilkan penawaraan akses gratis Bing ke ChatGPT-4 dimana pengguna bisa mendapatkan ratusan giliran chat harian dengan Bing AI.

This is a one-time notification giving people the choice to set Bing as their default search engine on Chrome. For those who choose to set Bing as their default search engine on Chrome, when signed in with their MSA they also get more chat turns in Copilot and chat history,

Ungkap Microsoft ke Windows Latest

Nah menariknya, iklan pop up ini kabarnya bukan bagian dari update Windows namun terkait dengan BCILauncher.EXE atau BingChatInstaller.EXE yang ditambahkan pada 13 Maret 2024 kemarin untuk beberapa sistem.

Lalu apa yang terjadi jika kita menekan tombol “Yes“?

Menurut Windows Latest, jika pengguna menekan tombol yes pada iklan popup tersebut, Microsoft akan secara otomatis menambahkan ekstensi Bing ke Chrome dan mengubah pengaturan default search engine browser ke Bing.

Sehingga dengan itu, jika kamu mendapati pop up iklan ini dan tidak ingin ada yang berubah dengan browser Google Chrome kamu, sebaiknya kamu hiraukan iklan tersebut dan klik “No, thanks”.

Tindakan seperti ini sebenarnya bukan hanya sekali saja dilakukan Microsoft, karena dulu beberapa kali mereka menawarkan langganan OneDrive di Start Menu, bahkan Edge di Google Chrome, jadi ini bukanlah hal yang aneh lagi bagi para pengguna.

Apakah kamu mendapati hal yang sama guys? coba komen dibawah.

Via : Windows Latest

Written by

Penulis, Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan.

Post navigation

Previous Post

Next Post

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)