Usai Bos Apple, CEO Microsoft dan Nvidia Bakal Kunjungi Indonesia - CNN Indonesia

 

Usai Bos Apple, CEO Microsoft dan Nvidia Bakal Kunjungi Indonesia

CNN Indonesia

Rabu, 17 Apr 2024 10:09 WIB

Menkominfo Budi Arie Setiadi mengungkap dua bos raksasa teknologi lainnya bakal menyusul CEO Apple Tim Cook berkunjung ke Indonesia.(Foto: CNN Indonesia/Damar Iradat)

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengatakan dua bos raksasa teknologi bakal menyusul CEO Apple Tim Cook berkunjung ke Indonesia.

Bos raksasa teknologi itu yakni CEO Microsoft Satya Nadella yang bakal datang pada 30 April 2023. Kunjungan Satya ini akan menjadi tindak lanjut kerja sama Kominfo dan Microsoft beberapa waktu lalu.

"Habis Apple, akhir bulan Satya Nadella Microsoft," kata Budi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (17/4).

Budi juga mengklaim bakal mengupayakan untuk mengundang CEO Nvidia Jensen Huang serta sejumlah big player IT dunia.

Hal ini sejalan dengan rencana Nvidia yang akan membangun pusat kecerdasan buatan (AI) di Solo, Jawa Tengah yang bernama Indonesia AI Nation.

Budi saat itu mengatakan bahwa Nvidia berkomitmen untuk berinvestasi senilai US$200 juta alias Rp3 triliun untuk membangun pusat AI tersebut. Investasi yang dilakukan di Solo Technopark ini akan mendanani infrastruktur dan pengembangan sumber daya manusia (SDM).

Budi menyebut kedatangan para bos IT itu bertujuan untuk menarik investasi bagi ekosistem kemajuan teknologi ke depan serta untuk mendorong transformasi digital di Indonesia.

"Pasti dong [membahas investasi], ini urusan Menperin TKDN sama Apple," kata dia.

Namun Budi enggan membeberkan terkait kemungkinan dan rencana pemerintah membangun pabrik Apple di Indonesia.

"Pokoknya Indonesia harus menjadi global supply chain dunia," ujar Budi.

CEO Apple Tim Cook sebelumnya tiba di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (17/4). Kedatangannya ke Istana untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membicarakan peluang investasi di Tanah Air.

Pantauan CNNIndonesia.com, Cook tiba sekitar pukul 08.55 WIB. Cook dan rombongan terlihat turun dari mobil Mercy warna hitam.

Cook mengenakan setelan jas navy dipadukan dengan dasi hitam. Ia tampak tersenyum dan melambaikan tangan kepada awak media. Namun ia tak banyak bicara.

(khr/dmi)

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)