Motor Listrik China Menjamur di Indonesia, Ukuran Ban Aneh Ganti Lebih Susah - inews

 

Motor Listrik China Menjamur di Indonesia, Ukuran Ban Aneh Ganti Lebih Susah

JAKARTA, iNews.id - Sepeda motor listrik semakin menjamur di Indonesia. Total ada sekitar 59 pabrikan motor listrik yang sudah memproduksi kendaraan di Tanah Air.

Namun, kebanyakan komponennya masih diimpor dari China, bahkan ada yang masih diboyong utuh alias CBU. Kondisi ini menyulitkan terutama saat pergantian ban.

Baca Juga

Chief Operating Officer (COO) Planet Ban, Deden Hendra Shakti mengatakan, ini karena masih jarang produsen yang memproduksi ban khusus motor listrik. Apalagi ban motor listrik dan kendaraan biasa berbeda.

Motor listrik memiliki karakter torsinya besar sehingga dibutuhkan ban khusus. Jika menggunakan ban biasa akan cepat gundul.

Baca Juga

Jumlah Pengendara Meningkat, Kymco Akan Perluas Station Swap Baterai Motor Listrik

Selain itu, lanjut Deden, untuk membongkar dan memasang ban motor listrik lebih sulit. Ini karena ban kendaraan listrik terutama bagian belakang menyatu dengan elektrik motor.  

"Kebanyakan elektrik motornya itu ada di belakang. Ini problem pada saat bongkar pasang ban. Kami tidak bisa menggunakan mesin untuk membongkarnya, harus manual karena ada elektrik motor di sana," ujar Deden saat dikonfirmasi di Jakarta.

Baca Juga

Presiden Jokowi Sebut Pabrik Baterai Mobil Listrik Beroperasi Bulan Depan

Dia mengungkapkan, masalah lainnya adalah ukuran ban motor listrik berbeda. Saat ini, motor listrik yang beredar di Indonesia kebanyakan masih diimpor dari China, size dan ringnya tidak standar. 


Editor : Dani M Dahwilani

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)