Baru Tahu Kalau Ban Motor Listrik Ternyata Beda dengan Ban Motor Biasa, Begini Penjelasannya - Motorplus

 

Baru Tahu Kalau Ban Motor Listrik Ternyata Beda dengan Ban Motor Biasa, Begini Penjelasannya

Ban motor listrik umumnya pakai ukuran 10-12 inci, komponnya bisa berbeda dengan ban motor biasa (Uje)

MOTOR Plus-online.com Saat ini motor listrik mulai masuk dengan jumlah yang sangat besar di pasar motor Indonesia.

Mulai dari motor listrik buatan china sampai merek Jepang tengah melakukan riset untuk meluncurkan motor listrik baru.

Tapi belum banyak yang tahu kalau motor listrik ternyata pakai ban yang sedikit berbeda dari ban motor biasa yang menggunakan mesin bensin.

Seperti pernah diungkapkan Ferry Nurul Fajar, Technical & Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) ada perbedaan spesifikasi antara ban motor biasa dan motor listrik.

"Ban motor listrik umumnya pakai ban khusus EV, karena ada perbedaan torsi yang besar antara motor bensin dan motor listrik," ungkapnya.

"Torsi di motor listrik itu kan besar-besar, maka ban biasanya akan pakai struktur yang lebih kuat dari ban biasa," terangnya

Tapi memang tidak semua motor listrik memerlukan ban khusus untuk motor listrik.

"Jika motor listriknya masih menggunakan sistem penggerak tambahan seperti belt masih bisa pakai ban biasa, contohnya ada di Yamaha E01," lanjutnya lagi.

"Tapi jika motor listrik itu bentuknya hub di bagian belakang umumnya harus pakai ban khusus, karena torsinya pasti jauh lebih besar," yakinnya.

Baca Juga: Masih Lokasi Jakarta, Motor Murah Honda Megapro Cuma Rp 1 Jutaan Kilometer Baru 80 Ribuan

 Baca Juga: Motor Murah Mirip Honda Scoopy Tenaga Listrik Greentech Scood, Harga Cuma Rp 9 Jutaan Berkat Subsidi

Ban Milleprimo ADX untuk motor Vespa, saat ini coba riset untuk ban motor listrik

Ban Milleprimo ADX untuk motor Vespa, saat ini coba riset untuk ban motor listrik (Istimewa)

Disambung oleh Agung Yulianto selaku Founder merek ban ADX Tire saat ini pihaknya tengah melakukan riset untuk ban motor listrik di Indonesia.

"Sementara ini memang rata-rata ban motor listrik ini pasti impor, makanya kita lihat sebagai peluang," ujarnya saat ditemui di acara Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS).

"Tapi kita harus perhatikan juga konstruksinya sebelum produksi, selain itu kita juga kenyamanannya dan berapa ukuran yang banyak dipakai," lanjut Agung yang masih fokus di pasar ban motor Vespa dan Minibike.

"Soalnya secara bobot motor listrik ini umumnya berat karena baterainya dia berat, tapi rata-rata motor listrik ini pakai ukuran ban kecil antara 10 dan 12 inci," terangnya.

"Apalagi untuk motor listrik yang beredar itu mayoritas pakai model hub, itu komponnya biasanya akan sedikit lebih keras ketimbang ban motor biasa," tutup Agung.

Komentar

Baca Juga

Opsi Media Informasi Group

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin