Giliran Data Penumpang KAI yang Dibobol Hacker - Uzone

OpenAI Prioritaskan MacOS Untuk Aplikasi ChatGPT, Kenapa Bukan Windows? | WinPoin

 

OpenAI Prioritaskan MacOS Untuk Aplikasi ChatGPT, Kenapa Bukan Windows? | WinPoin

Posted byby Gylang Satria

Selain mengumumkan ChatGPT-4o yang akan tersedia gratis untuk semua pengguna, OpenAI dalam keynote updatenya mengumumkan bahwa ChatGPT akan mulai tersedia sebagai aplikasi Desktop baru di Mac.

Sedikit informasi, Apple dan OpenAI baru-baru ini dikabarkan tengah menjalin kemitraan menjelang WWDC, dimana kemitraan ini akan menghadirkan ChatGPT ke iOS 18 sebagai opsi chatbot bawaan yang terintegrasi dengan sistem.

Dan menjelang kemitraan tersebut, OpenAI telah mengumumkan aplikasi ChatGPT yang akan hadir di Mac, dimana aplikasi ini dirancang untuk membuat ChatGPT lebih mudah diakses dan selalu tersedia bagi pengguna Mac. Preview aplikasi ini sangat singkat ditampilkan selama presentasi, namun detail tambahannya bisa kamu cek sendiri pada halaman resmi OpenAI berikut.

Selain itu, OpenAI juga mengatakan aplikasi ChatGPT untuk Windows 10 dan Windows 11 juga tengah dalam pengerjaan yang tentunya ini cukup mengejutkan karena alih alih membuat versi Windows lebih dulu – karena Microsoft telah mendukung OpenAI dengan investasi dana yang lebih dari $10 miliar dollar – OpenAI justru memilih MacOS sebagai prioritasnya.

Mengenai hal tersebut, dalam sebuah pernyataan kepada jurnalis Axios Ina Fried (via Windows Latest), OpenAI mengklarifikasi bahwa mereka memprioritaskan versi macOS karena di sanalah pengguna berada. Dan dari pertanyaan ada satu hal yang menarik karena seperti yang telah kita tahu Windows masih menguasai 70% pangsa pasar desktop dibandingkan Mac yang hanya kurang dari 15%.

Kemungkinan alasan lainnya kenapa Mac menjadi prioritas adalah mungkin karena OpenAI percaya bahwa pengguna Apple lebih memilih aplikasi native daripada aplikasi web dibandingkan dengan pengguna Windows, dan keputusan tersebut juga dipengaruhi oleh fakta bahwa lebih banyak orang di OpenAI menggunakan MacOS daripada Windows.

Alasan Paling Masuk Akal

Namun ada satu alasan paling masuk akal yang menurut saya ini masuk nih, yaitu Microsoft mungkin tidak ingin OpenAI meluncurkan aplikasi ChatGPT mereka untuk Windows (dalam waktu yang cepat) karena itu berpotensi membuat update Windows 11 AI Explorer akan menjadi kurang menarik.

Baca Juga : Sekilas Informasi Mengenai AI Explorer Yang Akan Hadir di Windows 11

Dan seperti pada gambar diatas, ChatGPT di Mac dapat dibuka bersama dengan aplikasi lain secara berdampingan untuk membantu pengguna terkait pekerjaan yang tengah dilakukan di layar.

Yang menariknya, sama seperti fitur yang akan hadir di AI Explorer, pengguna tidak perlu memasukan pertanyaan terkait pekerjaan ke kolom teks ChatGPT karena aplikasi tersebut dapat melihat layar pengguna. (mirip dengan screen understanding dan recall and snapshot yang baru baru ini diperkenalkan sebagai bagian dari AI Explorer).

Sehingga karena memiliki fitur yang kurang lebih sama, jika OpenAI merilis ChatGPT untuk Windows, maka kesan ekslusif dan kehebatan dari AI Explorer akan terasa biasa saja.

Nah bagaimana menurutmu mengenai hal ini? komen dibawah guys dan berikan pendapat dan opinimu.

Via : OpenAIWindows Latest

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin