Gawat, Banyak Perangkat Jadul Tidak Akan Mendukung Windows 11 Versi 24H2 | WinPoin

 

Gawat, Banyak Perangkat Jadul Tidak Akan Mendukung Windows 11 Versi 24H2 | WinPoin

System Requirement dari Windows 11 kemungkinan akan diperbarui, dimana selain membutuhkan TPM 2.0 dan Secure Boot, nanti tampaknya file inti dari sistem membutuhkan CPU Intruction POPCNT.

Sebelum kita bahas lebih lanjut, Microsoft kemungkinan akan mulai merilis Windows 11 versi 24H2 pada musim gugur tahun ini diantara bulan September – November 2024. Dan versi baru ini besar kemungkinan akan memutus kemampuan sebagian besar perangkat untuk menginstallnya karena persyaratan baru Intruksi POPCNT.

Baca Juga : Windows 11 Akan Dapatkan Fitur Super Resolution

Nah Intruksi POPCNT sendiri tidak tersedia pada processor yang dirilis lebih dari 15 tahun lalu. Jadi meskipun tidak mendukung TPM, awalnya kita bisa melakukan bypass TPM dan Secure boot, namun dengan tidak adanya dukungan intruksi POPCNT, maka sistem tidak akan boot sama sekali.

Instruksi ini sendiri diperkenalkan pada pertengahan tahun 2000-an pada prosesor AMD dan Intel Core generasi pertama, yang artinya hampir semua CPU dalam 15 tahun terakhir harusnya tidak akan terpengaruh dari hal ini.

Nah jika kamu ingat, sebelumnya dikabarkan bahwa Kabarnya Windows 11 Versi 24H2 Tidak Akan Berjalan di Processor Intel Core 2 Duo, dimana ternyata processor tersebut tidak memiliki intruksi POPCNT sehingga boot ke sistem tidak akan lagi dimungkinkan.

Jadi apa yang harus kita lakukan?

Jika kamu memiliki processor yang sangat lama, seperti Intel Core 2 Duo, maka kamu wajib memperbarui processor kamu karena bahkan jika kamu melakukan bypass pun kemungkinan sistem tidak akan dapat melakukan boot.

Baca Juga : Cara Mendaftar Google One Untuk Kapasitas Drive 100 GB

Namun jika kamu memiliki processor yang lebih baru seperti Intel Generasi pertama atau AMD dengan arsitektur “barcelona”, maka kamu bisa bernafas lega karena kamu cukup bypass TPM dan secure boot saja.

Bagaimana menurutmu? apakah kamu punya pendapat lain? komen dibawah guys.

Via : Windows Central

Written by

Penulis, Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan.

Post navigation

Previous Post

Next Post

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)