OpenRecall: Fitur Recall Cross-platform Yang Tidak Perlu NPU! | WinPoin

 

OpenRecall: Fitur Recall Cross-platform Yang Tidak Perlu NPU! | WinPoin

Recall dan Recall, itulah kabar yang cukup sering saya dengar karena banyak media yang membicarakannya. Meskipun pada dasarnya Windows Recall tersebut cukup bagus namun nyatanya ada Potensi Ancaman Keamanan Data dan Privasi Pengguna yang perlu ditinjau kembali oleh Microsoft.

Dan menariknya nih kawan kawan, ketika Microsoft hampir gagal dengan fitur Recall, ada developer yang justru mengembangkan fitur yang hampir sama bahkan cenderung lebih baik karena tidak ekslusif bagi pengguna perangkat Copilot+ dan bahkan tanpa diperlukannya NPU.

Namanya OpenRecall, sama seperti Recall milik Microsoft, OpenRecall akan menyimpan semua hal yang kita lakukan di perangkat dengan mengambil snapshot yang kemudian diproses dan disusun untuk pencarian yang cepat.

Di GitHub dijelaskan bagaimana OpenRecall ini bekerja bahkan dapat dikatakan sangat mirip dengan apa yang akan dihadirkan Microsoft di Recall Windows 11.

Salah satu yang menjadi alasan kenapa OpenRecall ini menonjol adalah OpenRecall 100% Open-source, dimana tentu dengan itu kamu dapat mengaudit source code dari potensi adanya backdoor atau fitur yang berpengaruh ke privasi.

Selain itu, OpenRecall ini cross-platform dan dapat bekerja di Windows, Mac, dan Linux sehingga kamu bebas menggunakannya di sistem apapun yang kamu gunakan.

OpenRecall sendiri didesain untuk kompatibel dengan hardware apapun dan tidak memerlukan NPU dengan hardware khususnya, lalu masalah privasi, sama seperti Recall milik Microsoft, semua data akan disimpan secara lokal dan bahkan selain tidak terkait pada kebijakan privasi perusahaan, nantinya OpenRecall ini akan mengimplementasikan enkripsi dengan password sebagai bagian dari penambahan keamanan.

Lalu bagaimana fiturnya?

Untuk fitur, OpenRecall memiliki fitur yang hampir sama dengan Recall Microsoft, seperti Time Travel dimana kamu bisa mengunjungi aktifitas yang telah kamu lakukan sebelumnya, telah ditenagai AI, adanya fitur Semantic Search dengan Advanced Local OCR, dan Full Control Storage dimana tentu kamu bisa mengaturnya dengan penuh.

Berikut perbandingan yang diberikan OpenRecall vs Windows Recall dan Rewind.ai.

Mantap bukan?, aplikasi ini baru dirilis empat hari lalu di GitHub, mungkin nanti akan saya coba ulas lebih dalam karena jujur ini tampak menarik banget guys, apalagi menurut klaim developernya, OpenRecall dapat memberikan pengalaman yang sama seperti Windows Recall.

Jika kamu tertarik mencoba, kamu bisa mendownload OpenRecall pada halaman GitHub berikut.

Written by

Penulis, Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan.

Post navigation

Previous Post

Next Post

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)