Windows Subsystem for Linux Dapatkan Pengaturan GUI | WinPoin

 

Windows Subsystem for Linux Dapatkan Pengaturan GUI | WinPoin

Windows Subsystem for Linux telah menjadi salah satu fitur yang cukup bermanfaat bagi para developer yang memang bekerja dalam lingkungan Linux tanpa harus meninggalkan sistem operasi Windows.

Namun, sayangnya peningkatan pada WSL dapat dikatakan cukup lamban karena memang WSL ini sudah hampir sempurna, apalagi sejak diperkenalkannya WSL2 beberapa tahun lalu.

Mengenai Windows Subsystem for Linux, baru baru ini Microsoft mengumumkan beberapa peningkatan dan hal baru pada WSL di bulan Mei 2024 ini salah satunya adalah peningkatan pada Memory, Storage dan Networking seperti yang telah diuji sejak delapan bulan lalu.

Baca Juga : Ada Fitur Experimental Menarik di Update WSL Terbaru

Selain itu ada satu hal yang tentu menarik perhatian saya yaitu Microsoft memperkenalkan kehadiran GUI Pengaturan baru untuk WSL loh guys. Dengan Pengaturan GUI ini pengguna tentu dapat lebih mudah mengatur dan melihat pengaturan yang tersedia di WSL.

Contohnya adalah seperti pada gambar diatas, dimana melalui halaman pengaturan baru ini, pengguna tidak perlu lagi secara manual mengedit file .wslconfig untuk melakukan perubahan.

The best part is that the WSL Settings app is compatible with the .wslconfig text file, meaning that your existing settings will still be respected, and you can edit settings with the GUI app, a text editor, or both as you wish!

Namun tentu, jika kamu suka dengan cara lama dengan melakukan pengeditan pada file .wslconfig, pengaturan ini akan tersinkronisasi sehingga melalui cara apapun untuk melakukan pengeditan pengaturan, semuanya sama saja. Itu tergantung pengguna itu sendiri.

Nah menarik bukan?, dengan itu jika kamu tidak suka cara pengeditan via CLI, kamu bisa melakukannya via GUI. Selain itu WSL juga kini telah enterprise-friendly atau ramah terhadap perusahaan berkat pendekatan zero-trust. Dimana mulai hari ini admin IT dapat menerapkan skenario akses bersyarat berdasarkan status distro Linux tertentu.

Selanjutnya pada bulan Juli dan Agustus, Microsoft Entra ID akan diintegrasikan dengan WSL, yang berarti Microsoft’s Authentication Library akan dapat berkomunikasi dengan WSL sehingga pengguna dapat masuk dengan kredensial Entra ID mereka.

Via : Microsoft

Written by

Penulis, Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan.

Post navigation

Previous Post

Next Post

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)