Bahaya!, KMSPico Ternyata Curi Dompet Crypto Pengguna!!! | WinPoin

 

Bahaya!, KMSPico Ternyata Curi Dompet Crypto Pengguna!!! | WinPoin

Dari berbagai jenis Activator, ada satu activator yang memang sudah cukup terkenal dan sangat banyak sekali digunakan para kalangan pengguna Windows dan Office bajakan, yaitu KMSPico, yap, dengan satu kali klik, kita bisa mengaktivasi Office atau Windows dengan sangat mudah.

Namun ada kabar buruk nih, terlebih jika kamu juga berkutik dalam dunia crypto, dimana seperti dilansir dari The Hacker News, pada aplikasi KMSPico terdapat sebuah malware yang disebut dengan “CryptBot” yang mana digunakan untuk mencuri informasi yang mampu memperoleh kredensial untuk browser, dompet crypto, cookies, kartu kredit dan bahkan melakukan screenshot dari layar system yang terinsfeksi.

“Pengguna terinfeksi dengan mengklik salah satu tautan berbahaya dan mengunduh KMSPico, Cryptbot, atau malware lain tanpa KMSPico,” kata peneliti Red Canary Tony Lambert dalam laporan yang diterbitkan minggu lalu (via The Hacker News). “Pelaku menginstal KMSPico juga, karena itulah yang diharapkan korban terjadi, sambil secara bersamaan menyebarkan Cryptbot di belakang layar.”

Secara singkat dapat kita simpulkan dari penjelasan Red Canary diatas, jika pengguna menginstall KMSPico, secara tidak diketahui (di Background), aplikasi tersebut akan mengunduh sejumlah malware berbahaya dan salah satunya adalah Crypbot, jika kamu mengaktifkan antivirus (Microsoft Defender) misalnya, maka kamu akan melihat bahwa Antivirus tersebut mendeteksi bahwa aplikasi tersebut berbahaya.

Namun sayangnya, seperti biasa para pengguna selalu direkomendasikan untuk menonaktifkan antivirus mereka terlebih dahulu sebelum membuka dan menggunakan KMSPico, biasanya situs situs penyedia aplikasi bajakan sering bilang sebagai False Alarm, padahal yang terjadi dibalik itu memang cukup membahayakan data dan perangkat kita.

Nah untuk mencegah terjadinya hal yang diinginkan, ada baiknya kita menjauhi aplikasi activator seperti ini, karena mungkin saja bisa merugikan kita kedepannya, dalam hal tertentu, saya sendiri sering mendapatkan pertanyaan mengenai data pengguna yang terinfeksi oleh ransomware, begitu pula dengan virus yang melambatkan perangkat karena perangkat ternyata dijadikan sebagai cryptomining.

Jadi, bagaimana menurutmu? apakah kamu pernah menggunakan aplikasi ini? atau mungkin saat ini kamu juga adalah penggunanya? komen dibawah guys.

Via : The Hacker News

Written by

Penulis, Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan.

Post navigation

Previous Post

Next Post

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin