Google Photos Tembus 10 Miliar Unduhan di Play Store - detik

 

Google Photos Tembus 10 Miliar Unduhan di Play Store

Josina

Jakarta -

Google Photos baru saja melewati tonggak sejarah penting di Google Play Store. Pasalnya aplikasi penyimpanan foto ini sukses melampaui angka 10 miliar unduhan di toko aplikasi Google.

Google Photos adalah aplikasi terbaru dari perusahaan raksasa mesin pencari ini yang berhasil mencapai angka 10 miliar pengguna. Aplikasi Google sebelumnya yang mencapai target ini adalah Drive, yang dicapai pada awal tahun 2024.

Setelah diperkenalkan pada tahun 2015, Google Photos membutuhkan waktu sembilan tahun untuk melewati angka 10 miliar unduhan di Play Store. Hal ini tampaknya berkat antarmuka yang mudah digunakan, sejumlah fitur unik, dan integrasi cloud, aplikasi ini dengan cepat mendapatkan popularitas di perangkat seluler sebagaimana dilansir detiKINET dari Android Headlines, Selasa (9/7/2024).

Dua tahun setelah diluncurkan, pada tahun 2017 Google Photos sudah diunduh lebih dari 1 miliar pengguna Android. Setelah tahun 2017, Google Photos sudah terinstal di hampir semua ponsel pintar Android yang dijual.

Aplikasi ini mulai mempertahankan lebih dari satu miliar pengguna aktif pada bulan Juli 2019. Pada akhir tahun 2020, Google Photos telah melewati angka 5 miliar unduhan di Google Play Store. Dalam beberapa tahun terakhir, aplikasi ini telah menjadi aplikasi manajemen foto utama pada smartphone dan tablet Android.

Banyak brand smartphone seperti Samsung, OnePlus, dan Xiaomi juga mengirimkan perangkat mereka dengan aplikasi galeri pra-instal lainnya. Namun demikian, banyaknya fitur dan jumlah penyimpanan gratis yang besar masih membuat Google Photos menjadi pilihan populer di antara para pengguna.

Terlepas dari perubahan kebijakan penyimpanan gratis yang mulai berlaku pada tahun 2021, Google Photos terus mendapatkan pangsa pasar yang cukup besar di segmen aplikasi manajemen foto.

Google Photos adalah aplikasi ke-10 dari Google yang berhasil melewati tonggak 10 miliar pengguna di perangkat Android. Aplikasi ini telah bergabung dengan Chrome, Gmail, Maps, YouTube, aplikasi Google, dan Drive.

Beberapa layanan inti Android seperti Play Services, Speech Services, dan Android Accessibility Suite juga berada di klub yang sama. Google terus mendorong lebih banyak pengguna ke aplikasi Google Photos dengan memperkenalkan fitur-fitur baru dari waktu ke waktu.

Aplikasi ini telah menerima fitur-fitur bertenaga AI Gemini seperti Magic Editor dan Magic Eraser di awal bulan Mei. Lebih banyak lagi fungsi berbasis AI yang diharapkan akan dirilis untuk aplikasi media populer ini dalam beberapa minggu mendatang.

Simak Video "Agar Tak Penuhi Gdrive, Begini Cara Hapus Screenshot di Google Foto"

(jsn/fay)

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)