Laptop Windows Blue Screen Massal Saat Microsoft Down Gegara Error CrowdStrike - Kumparan

 

Laptop Windows Blue Screen Massal Saat Microsoft Down Gegara Error CrowdStrike

Blue Screen di Windows Foto: Microsoft
Blue Screen di Windows Foto: Microsoft

Sejumlah pengguna mengeluhkan perangkat mereka yang berbasis sistem operasi Microsoft Windows mengalami blue screen (BSOD). Beberapa terimbas akibat lumpuhnya layanan ini misalnya sektor bisnis, maskapai penerbangan, jaringan televisi hingga supermarket di Inggris, Australia, Eropa hingga AS.

Sejumlah admin IT mengunggah persoalan ini di platform Reddit dan bagaimana cara mengatasinya, salah satunya melakukan booting pakai safe mode, masuk ke direktori CrowdStrike serta menghapus file system-nya.

Imbasnya, hal itu justru merepotkan beberapa server berbasis cloud atau bahkan untuk laptop Windows yang digunakan dari jarak jauh.

"Seluruh perusahaan kami sedang offline," kata salah satu pengguna Reddit, dilansir The Verge.

70 persen dari laptop para admin IT dilaporkan mati dan macet. "Selamat hari Jumat," kata salah satu pengguna.

Gangguan teknis ini berdampak pada pelanggan global layanan cloud Azure dan aplikasi Office365 milik Microsoft. Perusahaan saat ini tengah menyelidiki masalah yang memengaruhi kemampuan pengguna untuk mengakses berbagai aplikasi dan layanan Microsoft 365.

Akar masalah

Ilustrasi Microsoft di MWC 2023 Barcelona Foto: Aditya Panji/kumparan
Ilustrasi Microsoft di MWC 2023 Barcelona Foto: Aditya Panji/kumparan

Lumpuhnya layanan terjadi akibat gangguan pada proses update di platform Falcon Sensor (cloud solution) yang dimiliki CrowdStrike. Falcon ibarat sebuah hub yang menggabungkan beberapa solusi keamanan termasuk kemampuan antivirus menjadi satu.

Dilansir The Verge, rangkaian update tersebut rupanya hendak memasang software yang salah pada sistem operasi Windows. Hal ini menyebabkan sistem macet dalam boot loop.

Layanan CrowdStrike memang banyak digunakan oleh sejumlah bisnis di seluruh dunia untuk mengelola keamanan PC dan server Windows. Banyak dari pengguna layanan mengeluhkan tampilan BSOD berbunyi: "It looks like Windows didn’t load correctly"

Perangkat Windows mereka meminta pengguna untuk me-restart PC atau melalui opsi perbaikan lanjutan. Kondisi ini membuat perangkat tidak bisa booting secara normal. Solusi sementara yang tersedia saat ini adalah melakukan metode booting ke setting-an safe mode dan mengikuti panduan yang telah disediakan oleh CrowdStrike.

Sejumlah layanan lumpuh

Di Australia, banyak sektor perbankan, maskapai penerbangan, hingga saluran media yang terdampak oleh masalah ini. Beberapa bank seperti Commonwealth Bank, National Australia Bank (NAB), dan Bendigo pun ikut terdampak. Commonwealth sudah menginformasikan nasabah untuk tidak melakukan transfer uang selama layanannya masih gangguan.

Maskapai penerbangan juga mengalami penundaan dan pembatalan penerbangan, mempengaruhi ribuan penumpang, seperti yang dialami oleh Qantas.

Bandara Melbourne mengumumkan adanya gangguan yang mempengaruhi prosedur check-in untuk beberapa maskapai penerbangan. Kondisi yang sama juga terjadi pada Frontier, Sun Country Airlines, United, American, dan Delta di AS. Mereka terpaksa menghentikan penerbangannya.

Di Inggris, kantor berita Sky News mengalami gangguan yang signifikan sampai menyebabkan siaran mereka terganggu. Jaringan kereta api utama di Inggris juga mengalami gangguan.

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)