Mengenal Apa Itu Windows Copilot Runtime di Windows 11 | WinPoin

 

Mengenal Apa Itu Windows Copilot Runtime di Windows 11 | WinPoin

Dimulai Windows 11 versi 24H2, Microsoft menghadirkan Windows Copilot Runtime sebagai bagian dari sistem yang menggabungkan serangkaian model AI yang lebih kecil pada yang berjalan pada perangkat dan komponen lain untuk mendukung fitur AI dalam sistem operasi.

Apa itu Windows Copilot Runtime

Lalu apa sih Windows Copilot Runtime tersebut? nah jadi pada umumnya, Windows Copilot Runtime adalah sistem baru yang menggabungkan sejumlah komponen, termasuk framework AI, toolchains, Windows Copilot Library yang baru, dan model AI pada perangkat, dan diakhiri dengan aplikasi dan fitur yang menyediakan kemampuan AI.

Windows Copilot Runtime sendiri sebenarnya berbeda dengan Copilot yang ada di Windows 11 yang merupakan AI Chatbot. Windows Copilot Runtime ini dibuat diatas silicon dan lebih merujuk pada NPU (Neural Processing Units) dan GPU (Graphical Processing Units), yang merupakan komponen utama untuk memproses tugas AI.

Menurut informasi dari Microsoft, ada beberapa lapisan dari Windows Copilot Runtime dimana itu mencakup :

Lapisan Pertama

Pada lapisan pertama, pengguna akan menemukan “Framework AI,” yang mencakup DirectML , ONNX Runtime , PyTorch , WebNN , dan “Toolchain,” yang mencakup Olive , AI Toolkit untuk Visual Studio Code , dan alat lainnya untuk developer.

Lapisan Kedua

Dilapisan kedua, Microsoft menempatkan “Windows Copilot Library” dan “On-device models”. “Windows Copilot Library” sendiri menyediakan serangkaian API (Application Programming Interfaces) baru bagi developer untuk mengintegrasikan fitur AI ke dalam aplikasi mereka.

Selain itu pada lapisan kedua ini, kita akan menemukan lebih dari 40 model AI yang berjalan secara bersamaan secara lokal di komputer untuk mendukung banyak pengalaman AI baru, termasuk Windows Recall, Windows Studio Effects, Auto Super Resolution, Voice Clarity, Cocreator for Paint , dan Restyle Image.

Kemudian, sebagai bagian dari runtime baru, Microsoft mengintegrasikan Phi Silica Small Language Model (SLM) dan model lainnya, seperti Optical Character Recognizer (OCR), Screen Region Detector, Natural Language Parser, Image Encoder, Vector Embeddings, Retrieval Augmented Generation (RAG), Text Summarization, dan User Activity.

Lapisan Ketiga

Dan yang terakhir pada lapisan ketiga, kita akan menemukan aplikasi yang mengakses fitur-fitur ini untuk menghadirkan pengalaman AI. Namun, tentunya developer harus mengintegrasikan fitur-fitur AI baru dengan memasukkan aplikasi mereka ke dalam Windows Copilot Runtime.

Windows Copilot x Windows Copilot Runtime

Setelah Microsoft memperbarui mengubah Copilot menjadi berbasiskan web, ini tentu membuat Copilot akan terus bergantung pada cloud untuk memproses data dan menghasilkan respon atas pertanyaan pengguna.

Sebagai hasilnya, Copilot telah lepas dari sistem dan tidak lagi dapat mengubah pengaturan sistem dan keyboard shortcut Win + C telah dihapus, dengan itu tentu Copilot tidak lagi menggunakan Windows Copilot Runtime.

Namun, dalam versi insider beberapa waktu lalu, Microsoft berencana untuk meluncurkan “Copilot Suggestions” dimana ini adalah evolusi baru dari Copilot Experience, alih alih meminta chatbot mengubah pengaturan, Microsoft akan menyarankannya secara langsung.

Jadi, meskipun aplikasi Copilot memerlukan koneksi internet untuk mengakses Chatbot, namun sebagian besar fitur AI termasuk Copilot Suggestinos akan dapat berjalan tanpa koneksi internet dan akan mengandalkan Windows Copilot Runtime.

Apakah Bisa Kita Menghapus Windows Copilot Runtime?

Jawabannya tentu tidak guys, karena sistem tidak menyediakan opsi untuk menghapus Windows Copilot Runtime. Berbeda dengan Copilot yang kini dapat kita hapus.

Baca Juga : Cara Uninstall Copilot di Windows 11

Selain itu, Microsoft tidak membatasi developer untuk hanya menggunakan model pada perangkat yang disertakan dengan sistem AI baru, karena pengembang dapat membawa model AI mereka sendiri ke sistem operasi untuk mendukung aplikasi mereka.

Jadi, singkatnya Windows Copilot Runtime merupakan sistem baru yang menggunakan model AI pada perangkat untuk mendukung fitur AI dari Microsoft dan developer yang memilih sistem ini. Selain itu, sistem ini tidak terkait dengan aplikasi Copilot untuk Windows 11.

Lalu, Windows Copilot Runtime ini mungkin tidak akan kamu temukan di perangkat yang tidak memilik NPU atau perangkat yang tidak mendukung AI, karena memang Windows Copilot Runtime merupakan pendukung fitur AI itu sendiri. Jadi, tentu untuk mendapatkan semua pengalaman penuh Windows 11 atau versi Windows yang akan datang, kamu wajib menggunakan perangkat Copilot+.

Referensi : Microsoft [1], [2], PureInfoTechIndianTimes.

Written by

Penulis, Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan.

Post navigation

Previous Post

Next Post

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin