Ingin Bersaing Dengan Apple Vision Pro, Microsoft Akan Buat Mixed Reality Headset Baru! | WinPoin

 

Ingin Bersaing Dengan Apple Vision Pro, Microsoft Akan Buat Mixed Reality Headset Baru! | WinPoin

Baru baru ini dikabarkan bahwa Microsoft telah menandatangani kesepatakan dengan Samsung untuk memasok layar mikro-OLED untuk perangkat mixed reality headset baru yang tengah dikembangkan.

Perangkat tersebut dikabarkan akan ditujukan untuk konsumen dan akan cocok untuk film dan game. Dengan adanya perangkat ini, ini tentu merupakan sebuah perubahan strategi bagi Microsoft setelah mereka membatalkan HoloLens 3 dan matinya platform Windows Mixed Reality.

Nah mengenai hal tersebut, menurut Zach Bowden dari Windows Central, dikatakan bahwa mixed reality headset Microsoft kemungkinan akan berjalan pada sistem operasi Android. Hal tersebut karena Microsoft tidak memiliki platform mixed reality-nya sendiri, selain itu ada kemungkinan Android XR atau alat milik Google juga akan digunakan.

Kenapa Android dan bukan Windows?, jika kamu ingat, HoloLens 2 berjalan pada OS Windows Core, yang hanya memungkinkan pengguna untuk menjalankan aplikasi UWP. Namun karena UWP dianggap usang, jadi jelas tidak akan digunakan pada perangkat baru tersebut.

Hubungannya Dengan The Williams Bay Project

Menurut laporan dari Windows Central, dikabarkan Microsoft saat ini tengah menggarap solusi cloud dengan nama kode “Williams Bay” yang akan memungkinkan aplikasi desktop Windows lengkap berjalan dari cloud dan berinteraksi dengannya dalam mixed reality space.

“Williams Bay” juga akan memberi developer alat untuk membuat ekstensi 3D untuk aplikasi Windows yang akan muncul di samping aplikasi tersebut dalam lingkungan virtual. Namun tentu belum jelas apakah teknologi ini akan eksklusif untuk headset Microsoft atau tidak.

Untuk desain, diharapkan perangkat baru ini akan menyerupai Apple Vision Pro. dengan Microsoft berencana menggunakan layar OLED dan kamera pass-through untuk mensimulasikan augmented reality. Pengerjaan headset ini diharapkan selesai pada tahun 2025, tetapi baru akan mulai dijual pada tahun 2026

Namun mari kita lihat nanti, apakah project ini akan berhasil atau justru gagal seperti perangkat Hololens?

Via : Windows Central

Written by

Penulis, Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan.

Post navigation

Previous Post

Next Post

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)