Jokowi Banggakan INA Digital dan Penetrasi Internet 79% di 2024 - detikinet

 

Jokowi Banggakan INA Digital dan Penetrasi Internet 79% di 2024

Jakarta 

-

Presiden Jokowi membanggakan government technology dalam pidato kenegaraan terakhir di Sidang Tahunan MPR 2024. Penetrasi internet yang meningkat pun dia sebut.

Pidato Kenegaraan terakhir Presiden Jokowi disampaikan dalam Sidang Tahunan MPR di Gedung MPR/DPR di Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2024). Ada banyak hasil pembangunan yang disebutkan Jokowi, salah satunya terkait dengan teknologi.

Jokowi membanggakan momen peluncuran GovTech INA Digital. INA Digital adalah nama GovTech yang telah diresmikan Presiden Jokowi pada 27 Mei 2024 silam.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Di sektor teknologi dan digitalisasi kita juga patut bersyukur, untuk pertama kalinya kita memiliki INA Digital, sebuah digitalisasi layanan pemerintah yang terintegrasi untuk mempercepat dan mempermudah layanan bagi masyarakat," kata Jokowi.

Sebagai informasi, INA Digital bertugas mengkoordinasikan keterpaduan layanan digital pemerintah yang selama ini terpisah-pisah dalam ribuan aplikasi milik kementerian dan lembaga dan pemerintah daerah. Keterpaduan dan interoperabilitas layanan digital telah menjadi pola di sejumlah negara maju, sehingga rakyat tidak perlu repot dalam mengakses berbagai layanan pemerintah.

Cakupan elektrifikasi, menurut Jokowi juga sudah diperluas hingga mencapai 99% di tahun 2024. Penetrasi internet di Indonesia juga terus meningkat di tahun akhir masa jabatan presiden.

"Cakupan internet yang terus kita tingkatkan hingga mencapai 79% di tahun 2024," ujarnya.

Menurut Jokowi, hal ini akan menjadi ekosistem yang baik untuk mendorong digitalisasi UMKM. "Dan pengembangan startup Indonesia sehingga akan semakin banyak melahirkan enterpreneur muda yang berkualitas di negeri ini," pungkas Jokowi.


(fay/fyk)

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)