AMD Ingin Bersaing dengan Chip M Series Milik Apple | WinPoin

 

AMD Ingin Bersaing dengan Chip M Series Milik Apple | WinPoin

Beberapa minggu lalu WinPoin sempat mendengar kabar bahwa AMD berencana untuk mundur dari pasar GPU. Mereka (mungkin) sedang merancang strategi yang lebih besar dengan tujuan untuk menyaingi chip milik Apple.

AMD kabarnya sudah bersiap untuk menantang dominasi Apple di pasar laptop high-end dengan jajaran chip baru yang lebih bertenaga, dengan codename Strix Halo dan sekarang dikabarkan akan disebut sebagai Ryzen AI Max. Keluarga baru ini akan berada di atas chip Ryzen AI 9 dimana targetnya adalah workstation. Chip ini kabarnya akan menawarkan daya grafis yang jauh lebih besar daripada Chip AMD yang sudah tersedia saat ini.

Spesifikasi yang bocor menunjukkan bahwa Ryzen AI Max akan memiliki 16 inti dan 40 unit komputasi (CU), ini lebih dari dua kali lipat dari yang disediakan oleh oleh AMD di seri Radeon 890M. Gak cuma itu, chip Ryzen AI Max juga dapat mendukung memori video hingga 96 GB atau dua kali lipat dari yang ditawarkan oleh Apple.

Sebagai tambahan informasi, chip Ryzen termasuk yang terbaik yang bisa kamu dapatkan di laptop saat ini, dan tujuan ditingkatkan iGPU pada chip tersebut adalah untuk membuat chipnya menjadi lebih menarik bagi orang-orang yang mempertimbangkan perangkat seperti MacBook Pro tetapi mungkin tidak menginginkan laptop besar dan berat.

Jika apa yang kita lihat di sini ternyata benar, keluarga Ryzen AI Max diharapkan akan tersedia dalam tiga konfigurasi, dengan opsi CPU 16, 12, dan 8 inti serta iGPU yang menawarkan 40 CU untuk dua chip teratas dan 32 CU untuk chip kelas bawah. Hal ini akan memposisikan Ryzen AI Max sebagai penantang dari Apple M3 Max, yang juga sama-sama memiliki 16 inti dan 40 CU.

Tentu saja, ada juga perbedaan yang sangat penting dari chip milik Apple yang merupakan ARM dan chip AMD Ryzen yang adalah x86. Diantaranya adalah seberapa boros daya chip ini setelah diluncurkan nanti.

via ExtremeTech

Written by

Talk = Do Something "Talk More Do More" | User Xiaomi Mi4 dan Xperia XA Ultra

Post navigation

Previous Post

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)