Cara Mengaktifkan Preload Page Untuk Mempercepat Browsing di Google Chrome | WinPoin

 

Cara Mengaktifkan Preload Page Untuk Mempercepat Browsing di Google Chrome | WinPoin

Di Google Chrome, ada satu fitur menarik bernama “Preload Pages” yang kabarnya dapat meningkatkan kecepatan loading halaman loh guys.

Menurut Google, Preload Pages ini sendiri merupakan fitur yang akan meningkatkan pengalaman penjelajahan internet dengan memprediksi dan melakukan preload halaman yang mungkin kamu kunjungi melalui server Google sehingga halaman dimuat dengan lebih cepat.

Secara default, preload page ini sudah aktif namun dalam mode standard saja. Namun tentu kamu bisa memilih opsi Extended untuk hasil yang lebih maksimal, dan mengenai hal tersebut WinPoin akan menunjukan bagaimana Cara Mengaktifkan Preload Page Untuk Mempercepat Browsing di Google Chrome.

Langkah 1. Pertama silahkan kamu buka Google Chrome dan masuk ke halaman Settings.

Langkah 2. Selanjutnya silahkan kamu masuk ke menu Performance > Speed, nah disana pastikan fitur Preload pages telah aktif dan silahkan kamu pilih Extended preloading.


Setelah kamu menyelesaikan langkah-langkah tersebut, browser Chrome akan memprediksi halaman yang mungkin kamu kunjungi dan memuatnya terlebih dahulu melalui server Google saat diminta oleh situs lain untuk mempercepat penelusuran dan pencarian.

Lalu seberapa cepat halaman akan dimuat?

Untuk menjawab hal tersebut mungkin akan sedikit sulit karena performanya sangat tipis, namun kamu mungkin akan melihat bahwa halaman web akan ditampilkan sedikit lebih cepat.

Tapi, jika kamu menggunakan koneksi internet yang cepat, fitur ini mungkin tidak akan terlalu terasa karena semuanya akan sangat instan.

Namun tentu fitur ini sendiri akan bermanfaat karena Chrome akan menggunakan Cookie yang telah disimpan untuk proses preloading. Dari segi privacy mungkin ini sedikit mencurigakan, namun Google dalam halaman fitur ini sudah menjelaskan hal apa saja yang perlu kamu perhatikan termasuk hal tersebut.

Nah silahkan kamu coba sendiri guys, apakah fitur ini berhasil mempercepat proses loading halaman web yang kamu akses atau sama saja?

Written by

Penulis, Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan.

Post navigation

Previous Post

Next Post

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)