Distribusi Linux Terbaik Untuk Kamu Yang Migrasi Dari Windows 7 | WinPoin

 

Distribusi Linux Terbaik Untuk Kamu Yang Migrasi Dari Windows 7 | WinPoin

Sudah hampir lima tahun sejak Windows 7 mencapai akhir dukungan. Meskipun begitu tampaknya masih banyak pengguna yang memakai OS ini untuk keperluan harian, bahkan kabarnya Mozilla akan memperpanjang Dukungan Firefox di Windows 7 Lagi loh.

Nah bagi kamu yang memang memiliki perangkat dengan performa dan spesifikasi terbatas, kenapa tidak kamu coba menggunakan linux saja guys?

Kenapa Linux?

Linux dapat dikatakan berjalan lebih cepat dari segi performa, bahkan dalam pengujian yang saya lakukan pada perangkat jadul Intel B815 Celeron dengan RAM 2 GB, perangkat tersebut berjalan lebih baik dan lebih cepat ketika menggunakan Linux Ubuntu dibandingkan jika menggunakan Windows 7 Pro.

Selain itu, Linux terkesan lebih stabil selama kita sebagai pengguna memahami apa yang kita lakukan. Hal ini karena kita punya akses penuh pada sistem, bahkan kamu bisa menghapus dan mengubah komponen sistem seutuhnya jika kamu inginkan.

Untuk dukungan aplikasi di Linux saat ini sudah cukup melimpah, apalagi dengan adanya Snapd dan Flatpak yang membuat aplikasi makin banyak lagi untuk kita install dan gunakan. Jika kamu suka bermain game, jangan khawatir karena Steam juga bisa kamu install dan mainkan, bahkan saya sendiri sering bermain Project Zomboid di ElementaryOS yang saya gunakan.

Distribusi Linux Terbaik Yang Dapat Kamu Pilih

Linux sendiri memiliki sangat banyak distribusi dari berbagai cabang berbeda, saya sendiri lebih suka menggunakan Elementary OS yang merupakan versi yang dibuat dari basis Ubuntu, dulu saya juga pernah menggunakan Manjaro yang merupakan pengembangan dari Arc Linux yang juga mantap untuk digunakan.

Jika kamu ingin menggunakan Linux dengan tampilan yang mirip dengan Windows, kamu bisa menggunakan Linux Mint yang juga dari segi tampilan sangat mirip dengan Windows 7.

Pada dasarnya, pemilihan distribusi ini cukup rumit dan lama karena kita butuh waktu dan penyesuaian hingga akhirnya kamu bisa menemukan linux favorit yang kamu inginkan dengan feel yang benar benar pas dengan hati kamu. Untuk saya sendiri, saya lebih suka Elementary OS karena tampilannya yang lebih sederhana dan fiturnya yang to the point bagi saya.

Bagi kamu yang ingin memulai menggunakan Linux, ada beberapa distribusi yang saya sarankan dan diantaranya adalah :

  • Based on Ubuntu : Linux Mint, Zorin OS
  • Based on Arc : Manjaro
  • Based on Fedora : Nobara

Dari tiga bases Linux Distributions diatas, tentu untuk pengguna yang baru migrasi dari Windows 7 versi based on Ubuntu adalah yang paling direkomedasikan, hal tersebut karena versi ini paling umum dengan komunitas yang sudah kuat.

Linux mint terkesan lebih sederhana, sementara Zorin OS lebih familiar dengan tampilan yang dapat disesuaikan agar mirip Windows atau bahkan Mac.

Namun, apapun versi Linux yang kamu gunakan, tentu semuanya baik tergantung dari kamu sendiri sebagai pengguna, selain itu kamu perlu membiasakan diri dan belajar kembali mengenai dukungan aplikasi, kelebihan dan kekurangan dan apakah nanti kamu akan bertahan dengan Linux atau beralih ke Windows kembali.

Tetapi, jika kamu memiliki perangkat dengan spesifikasi yang terbatas dan belum ada dana untuk upgrade sementara sistem Windows 7 dan 8 saat ini sudah dikatakan cukup rentan dari masalah keamanan dan kurangnya kompatibilitas, Linux tentunya menjadi alternatif terbaik hingga kamu memiliki dana extra untuk membeli perangkat yang mendukung Windows 11.

Nah beberapa rekomendasi diatas tentu berdasarkan opini saya sendiri sebagai pengguna awam yang bahkan saya lebih suka Elementary OS. Namun, Linux Mint dan Zorin lebih saya rekomendasikan jika kamu benar benar baru migrasi dari Windows 7 dan ingin mencoba Linux untuk pertama kali.

Apakah kamu ada rekomendasi lain? coba komen dibawah guys.

Written by

Penulis, Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan.

Post navigation

Previous Post

Next Post

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)