Adguard Adblock Makin Cupu Setelah Update Manifest V3 | WinPoin

 

Adguard Adblock Makin Cupu Setelah Update Manifest V3 | WinPoin

Sebagai pengguna browser Google Chrome, tentunya saya juga menginstall sejumlah extensions untuk menambah pengalaman menjelajah Internet termasuk dengan menginstalkan Adblocker.

Adblocker andalan saya adalah Adguard Adblock yang menurut saya sudah cukup andal dalam beberapa tahun terakhir semejak saya berpindah dari Adblock Plus yang dulu saya gunakan. Dan sama seperti Adblocker lainnya, kita bisa menambahkan sejumlah filter list untuk menambah lebih banyak aturan pemblokiran iklan.

Namun, setelah menerapkan Manifest V3 yang merupakan teknologi baru yang harus diterapkan agar Extension bisa berjalan di browser terbaru, Adguard menurut saya menjadi cukup cupu dan tidak terlalu powerfull seperti sebelumnya.

Nah seperti pada gambar diatas, Adguard kini justru akan menampilkan tanda seru berwarna merah alih alih hijau, dimana jika kita klik, nanati akan ada informasi bertuliskan “Your browser has modified the list of active built-in filters”.

Selain itu pada link yang terkait pada Rule limits tersebut dijelaskan juga kenapa ada limit pada rule yang telah ada.

Selain itu nih guys, pada halaman Filter > Ad Blocking, kita juga tidak bisa mengaktifkan AdGuard Base filter. Yang mana dengan itu banyak iklan yang lolos dari blokiran ekstensi ini.

Berikut contoh iklan yang tampil dengan Adguard Adblock terinstall di Google Chrome terbaru.

Yah intinya nih, di Chrome versi 130 atau browser berbasis Chromium lain dengan versi yang sama, Adblocker telah berkurang kemampuannya, karena selain Adguard, beberapa Adblocker juga akan terpengaruh akibat perubahan Manifest V2 ke V3 ini.

Lalu apa solusinya?

Jika kamu ingin menggunakan Adblocker dengan maksimal, maka gunakanlah browser Mozilla Firefox, karena hingga saat ini bahkan Adguard Adblocker-pun masih berjalan dengan sangat baik.

Selain itu mungkin ada adblocker lain yang lebih baik atau ada browser lain yang juga lebih baik, jadi jangan lupa untuk share pendapatmu dibawah guys.


*WinPoin tentunya mengandalkan pendapatan dari iklan untuk biaya maintenance, sewa server dan hal lainnya, jadi jika berkenan, kamu boleh whitelist situs ini dari adblocker andalan kamu ya guys. Terima kasih.

Written by

Penulis, Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan.

Post navigation

Previous Post

Next Post

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)