Cara Mengaktifkan SSH Server di Windows 11 | WinPoin

 

Cara Mengaktifkan SSH Server di Windows 11 | WinPoin

Sama seperti Windows Server dan Windows 10, kita bisa mengaktifkan SSH Server di Windows 11 yang tentunya akan memungkinkan kita melakukan koneksi jarak jauh dan mengelola perangkat tersebut secara remote dan realtime dimanapun kita dan perangkat kita berada.

Nah untuk instalasi SSH Server di Windows 11 sendiri sangat mudah dan mungkin dapat dikatakan sama seperti bagaimana kita mengaktifkan SSH Server di Windows 10, jika kamu penasaran berikut adalah langkahnya.

Cara Mengaktifkan SSH Server di Windows 11

Langkah 1. Pertama silahkan kamu buka Settings > System > Optional Features.

Langkah 2. Selanjutnya silahkan klik View features pada bagian Add an optional features, kemudian silahkan kamu pilih OpenSSH Server.

Kemudian klik Add dan biarkan instalasi berjalan.

Jika kamu pecinta command line, kamu bisa melakukan langkah alternatif untuk instalasi openSSH server dengan menggunakan perintah berikut di Windows Powershell run as Administrator.

Add-WindowsCapability -Online -Name OpenSSH.Server~~~~0.0.1.0

Dan selesai. Selanjutnya untuk mengaktifkan service openSSH server di Windows 11, kamu bisa membuka Powershell run as Administrator dan ketikan perintah berikut:

Start-service sshd

Pengujian

Untuk melakukan pengujian, disini saya akan mengakses Windows 11 24H2 saya dari Linux Ubuntu dengan menggunakan SSH yang telah terinstall sebelumnya.

Untuk login dengan ssh, kamu cukup gunakan perintah berikut saja.

ssh username@ip_atau_hostname

Seperti pada gambar diatas, selanjutnya kita cukup login dengan password yang kita gunakan saja.

Dan selesai deh, sekarang kita bisa melakukan banyak hal dengan ssh ini. Untuk kamu yang bekerja sebagai engineer mungkin lebih paham perintah yang biasa digunakan untuk akses aplikasi dan lainnya, terutama jika kamu bekerja dengan Windows Server.

Silahkan kamu coba guys, semoga artikel ini bermanfaat, dan apakah kamu sering mengakses SSH ke Windows 10 atau 11? coba komen dibawah guys.

Written by

Penulis, Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan.

Post navigation

Previous Post

Next Post

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)