Chrome 130 Bawa Fitur Baru, Termasuk Peningkatan PiP | WinPoin

 

Chrome 130 Bawa Fitur Baru, Termasuk Peningkatan PiP | WinPoin

Google beberapa hari lalu telah merilis Chrome versi 130 untuk semua pengguna, dimana dalam update baru ini ada sejumlah peningkatan yang mereka hadirkan termasuk peningkatan pada fitur Picture in Picture.

Jadi, kini Chrome 130 memperluas kemampuan Picture in Picture ke elemen apa pun di halaman. Ini termasuk custom video stream, konferensi atau chat, web task list dan apa pun yang kamu inginkan.

Detail dari peningkatan tersebut bisa kamu cek pada halaman berikut, dengan itu kini Picture in Picture tidak hanya bisa dipakai di situs umum seperti sebelumnya saja namun kini diperluas pada custom video streaming dari web tertentu bahkan hingga konferensi video. Ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi kamu yang memang aktif bekerja dengan menggunakan Google Chrome.

Selain itu, Chrome 130 juga membawa gaya notifikasi baru, dimana notifikasi tersebut dibuat lebih ringkat dan ditampilkan di tengah layar.

Notifikasi tersebut akan tampi saat pengguna menambahkan item ke fitur reading list, dimana dalam kasus notifikasi akan memiliki tombol untuk membukareading list di sidebar browser.

Selain dua fitur diatas, Chrome 130 juga membawa peningkatan pada fitur power efficiency dimana browser ini akan mendukung automatix freezing dari tab yang menggunakan CPU dan tidak digunakan lebih dari 5 menit. Fitur ini untuk sekarang masih dalam pengembangan dan mode experimental, namun direncanakan akan hadir pada Chrome 131 bulan depan.

Adanya Manifest V3

Salah satu hal yang mungkin wajib kamu tahu adalah kini Chrome telah menerapkan manifest v3 dimana dengan itu semua extension yang ada sebelumnya dan menggunakan teknologi v2 tidak akan lagi bekerja.

Dan seperti yang telah dibahas pada artikel Adguard Adblock Makin Cupu Setelah Update Manifest V3, kini kemampuan adblock tentunya telah di downgrade dengan kemampuan block iklan yang dikurangi, dan bukan hanya Adguard saja loh guys, namun uBlock dan ABP juga mendapati hal yang sama.

Sehingga, dengan itu jika kamu masih suka dengan Adblock tentu menggunakan browser selain Google Chrome termasuk Opera, Brave dan Firefox akan lebih direkomendasikan.

Google Chrome dalam hal ini memang terus berkembang dan saya sejujurnya masih suka dengan browser ini dikarenakan kesederhanaan pada fiturnya, tidak seperti Microsoft yang memaksakan untuk menghadirkan semua fitur di browser andalan mereka.

Bagaimana menurutmu? apakah kamu sudah menggunakan Google Chrome 130 terbaru? komen dibawah mengenai pendapatmu.

Written by

Penulis, Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan.

Post navigation

Previous Post

Next Post

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)