ChatGPT Siapkan Aplikasi Native di Windows 11 | WinPoin

 

ChatGPT Siapkan Aplikasi Native di Windows 11 | WinPoin

Bagi kamu pengguna ChatGPT mungkin sudah tidak asing lagi dengan ketersedian aplikasi tersebut di iOS, Android atau Mac, sementara Windows sayangnya kita belum bisa menginstall aplikasi tersebut kecuali membuat web app mengandalkan pwa yang tersedia di Microsoft Edge atau Google Chrome.

Baca Juga : Cara Install ChatGPT via PWA di Windows 11

Namun kawan kawan, tahukah kamu bahwa OpenAI sudah mengembangkan aplikasi ChatGPT baru khusus untuk sistem operasi Windows. Dimana untuk saat ini aplikasi tersebut masih dalam tahap early version dan baru tersedia untuk pelanggan Plus, Team, Enterprise, dan Edu saja.

Untuk mendownload aplikasi ini, kamu bisa mendapatkannya dari Microsoft Store berikut.

Dikarenakan masih dalam tahap awal, OpenAI juga memperingatkan bahwa aplikasi ini mungkin belum maksimal sehingga kinerja dan pengalaman penuhnya masih belum sempurna, namun mereka menjanjikan bahwa perubahan yang lebih besar akan segera hadir untuk aplikasi ini.

Berbasiskan Electron

Menurut informasi dari Windows Latest, aplikasi ChatGPT di Windows 11 ini menggunakan Electron yang tentu akan cukup banyak menghabiskan sumber daya perangkat daripada menggunakan WebView2 seperti Copilot di Windows 11.

Namun, bukan berarti dengan bebasiskan Electron maka aplikasi ini jelek, karena tentu tampilannya akan menjadi layaknya aplikasi umum sebenarnya, daripada aplikasi PWA yang biasa kita buat. Selain itu fungsinya juga sama seperti yang ada di versi web tanpa ada hal yang dikurangi.

Selain itu kamu juga bisa menggunakan keyboard Alt+Space untuk membuat ChatGPT dalam instance yang kecil selama keyboard shortcut tersebut tidak konflik dengan aplikasi lainnya.

Sejujurnya saya sendiri cukup penasaran dengan aplikasi ini, namun sayangnya early version masih terbatas untuk pengguna berbayar, sementara saya hanya pengguna gratisan. Namun apakah kamu sudah mencoba guys? coba komen dibawah.

Written by

Penulis, Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan.

Post navigation

Previous Post

Next Post

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)