ESDM Bikin Platform Digital Daftar Konversi Motor Listrik, Dirjen EBTKE: Sedang Proses Finalisasi - Tempo

 

ESDM Bikin Platform Digital Daftar Konversi Motor Listrik, Dirjen EBTKE: Sedang Proses Finalisasi

Reporter

Selasa, 4 April 2023 15:17 WIB

TEMPO.COJakarta - Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi Kementerian ESDM Dadan Kusdiana menjelaskan kemudahan masyarakat yang ingin melakukan konversi sepeda motor berbahan bakar minyak (BBM) menjadi bertenaga listrik. Menurut dia, nantinya para pemilik sepeda motor yang akan dikonversi tidak perlu datang ke bengkel.

“Bisa menggunakan platform digital (aplikasi) yang saat ini sedang dalam proses finalisasi dan tentunya mendapatkan clearance nanti dari Kementerian Informasi dan Komunikasi,” ujar dia dalam acara Sosialisasi Bantuan Pemerintah Program Konversi Motor Listrik yang digelar virtual pada Selasa, 4 April 2023.

Baca Juga:

Untuk proses melakukan konversi, kata Dadan, akan ada empat bagian utama. Pertama media daring untuk pendaftaran bagi masyarakat yang ingin melakukan konversi. Kedua, media bagi bengkel konversi mulai tahap dari penyelesaian administrasi, ketiga komunikasi dengan industri komponen utama konversi, dan keempat pelaporan dari sisi kualitas. 

Jadi, dia berujar, Kementerian ESDM memastikan melalui platform digital tersebut bahwa motor yang di konversi ini telah lulus dan mendapatkan sertifikat uji tipe dari Kementerian Perhubungan. “Baru setelah itu nanti biaya yang Rp 7 jutanya itu akan dicairkan oleh Kementerian ESDM. Jadi nanti akan ada verifikasi,” tutur Dadan.

Kementerian ESDM, Dadan melanjutkan, juga sedang mengecek kualitas bengkel komponen utama supaya cocok dengan standar yang dikeluarkan dari Kementerian Perindustrian. Sehingga, semuanya sudah teruji dari model baterai, motor dan juga untuk controller-nya.

Baca Juga:

“Semua ada standarnya dikeluarkan dari Kementerian Perindustrian dan kita akan mengikuti standar tersebut,” kata dia.

Platform digital juga akan terintegrasi dengan kementerian dan lemabaga terkait untuk mendukung keberhasilan program konversi. Selain Kementerian ESDM, antara lain Kementerian Perhubungan, Kepolisian, OSS dari BKPM untuk pihak bengkel nanti, Kementerian Dalam Negeri, serta Kementerian Keuangan.

Soal koversi tersebut, Menteri ESDM sudah menerbitkan Peraturan Menteri ESDM Nomor 3 Tahun 2023 Tentang Pedoman Umum Bantuan Pemerintah dalam Program Konversi Sepeda Motor dengan Penggerak Motor Bakar menjadi Sepeda Motor Listrik Berbasis Baterai.

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini

5 Instansi dengan Tunjangan Kinerja PNS Tertinggi di Indonesia

6 jam lalu

Daftar instansi dengan tunjangan kinerja PNS tertinggi di Indonesia, mulai dari Direktorat Jenderal Pajak, Kementerian Keuangan, hingga Badan Pemeriksa Keuangan

Dirjen EBTKE Beberkan Manfaat Program Konversi Sepeda Motor Listrik bagi Masyarakat

11 jam lalu

Apa saja manfaat dari program konversi sepeda motor berbahan bakar minyak (BBM) menjadi sepeda motor listrik?

Kementerian ESDM Targetkan 50 Ribu Konversi Motor Listrik 2023, Tahun Depan 150 Ribu

11 jam lalu

Kementerian ESDM menargetkan 50 ribu unit sepeda motor berbahan bakar minyak (BBM) dikonversi menjadi bertenaga listrik tahun ini.

Panggil Plh Dirjen Minerba, KPK Gali Aliran Dana Korupsi di Kementerian ESDM

14 jam lalu

Pemeriksaan tersebut dilakukan untuk mendalami berbagai hal dalam kasus dugaan korupsi dana tunjangan kinerja di Kementerian ESDM.

KPK Cegah 10 ASN Kementerian ESDM ke Luar Negeri

1 hari lalu

KPK menyidik kasus manipulasi tunjangan kinerja di Kementerian ESDM tahun 2020-2022. KPK menduga kasus ini merugikan negara miliaran rupiah.

Inventaris Dampak Ledakan dan Kebakaran Kilang, Pertamina Dumai: Kita Ganti dan Pulihkan

2 hari lalu

PT Kilang Pertamina International Refenery Unit II (PT KPI RU II) Dumai, Provinsi Riau tengah menginventarisasi dampak getaran akibat ledakan.

Rentetan Kebakaran Pertamina 2023: Depo Plumpang, Kapal Pengangkut BBM, hingga Kilang Minyak Dumai

2 hari lalu

Beberapa rentetan kejadian kebakaran yang berkaitan dengan fasilitas Pertamina terjadi sepanjang 2023 terjadi, yang terbaru adalah kilang minyak Pertamina RU Dumai. Bagaimana detail kejadiannya?

Kilang Dumai Terbakar, Pertamina Patra Niaga Pastikan Distribusi BBM dan LPG Tetap Berjalan

2 hari lalu

Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara memastikan pasokan BBM dan LPG di wilayah tetap aman pasca kilang minyak Dumai meledak.

Profil Kilang Pertamina Dumai yang Meledak: Beroperasi 1971, Produksi BBM dan Non-BBM

2 hari lalu

Bagaimana profil Kilang Pertamina Refinery Unit Dumai yang meledak tadi malam?

Pertamina Tak Putus Dirundung Musibah, 3 Insiden Kebakaran dalam Sebulan

2 hari lalu

Pertamina mengalami 3 insiden kebakaran berturut-turut dalam sebulan ini. Apa saja?

Baca Juga

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)