Wifi Ponsel Sering Lemot? Coba Ikuti Langkah Sederhana Ini | Garuda News 24

Wifi Ponsel Sering Lemot? Coba Ikuti Langkah Sederhana Ini | Garuda News 24

Wifi Ponsel Sering Lemot? Coba Ikuti Langkah Sederhana Ini
152
SAHAM

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Sering mengalami wifi lambat saat menggunakan ponsel? Tentu mengesalkan. Namun, jangan buru-buru menyalahkan penyedia layanan internet (ISP). Sebaiknya, cek juga ponsel Anda karena bisa jadi performanya menurun sehingga koneksi internet pun terhambat. 


Dalam kasus seperti itu, dilansir dari GizChina, Sabtu (19/8/2023), pengguna dapat melakukan beberapa hal agar wifi di ponsel berfungsi sebagaimana mestinya.


 1. Periksa Apakah Koneksi Internet Lambat


Sebelum ke hal lain, pastikan bahwa koneksi internet bukanlah alasan di balik masalah wifi yang lambat. Untuk mengonfirmasi ini, sambungkan laptop ke internet dengan kabel ethernet. Router harus dilengkapi dengan port ethernet di bagian belakang untuk menyatukan koneksi ini.


Setelah terhubung, periksa kecepatan internet. Pengguna dapat menggunakan Ookla atau Fast.com. Apakah pengguna menerima bandwidth yang diharapkan untuk berlangganan? Jika tidak, hubungi ISP dan minta mereka untuk memperbaiki sambungan.


2. Posisikan Router Lebih Baik untuk Kecepatan Wifi yang Lebih Baik


Salah satu alasan utama mengapa wifi lambat di smartphone adalah posisi router wifi. Umumnya, router memiliki jangkauan beberapa ratus kaki. Tetapi bahkan dengan jangkauan setinggi itu, pengguna mungkin mendapatkan pengalaman berinternet yang buruk jika posisinya tidak tepat.


Aturan umumnya adalah memposisikan router di mana terdapat garis pandang langsung dari semua ruangan. Dengan kata lain, penempatan router terbaik adalah di tengah rumah. Melalui itu, akan ada dinding minimal antara semua ruangan dan router. Dan perbaikan sederhana ini dapat dengan cepat menyelesaikan masalah wifi yang lambat.


Selain itu, pengguna juga bisa mengecek apakah router sudah pada posisi yang benar atau tidak melalui ikon wifi di status bar. Jika ikon sudah penuh, berarti smartphone memiliki sinyal wifi yang kuat. Kalau agak kosong berarti sinyalnya lemah, tapi internet harusnya tetap kencang.


Namun, saat ikon wifi di smartphone setengah kosong atau hampir kosong, ini berarti sinyalnya lemah. Wifi akan lambat, dan pengguna akan kesulitan melakukan apa pun di internet. Dan jika ikon wifi smartphone dalam keadaan ini, posisi router adalah penyebab mengapa wifi lambat.


3. Atasi Wifi Macet karena Jaringan Padat


Masalah terkait router lainnya yang akan menyebabkan wifi lambat adalah kemacetan. Masalahnya, router menyiarkan sinyal nirkabel di saluran tertentu. Dan tetangga di sekitar mungkin juga mengatur router mereka ke saluran yang sama. Ini menghasilkan jaringan yang sangat padat, yang mengarah ke konektivitas internet yang lambat.


 Untuk memperbaiki masalah wifi lambat khusus ini, pengguna dapat menggunakan perangkat lunak untuk menentukan saluran terbaik untuk persiapan. Misalnya, ada aplikasi bernama Wifi Analyzer di Android. Dan untuk iPhone, pengguna dapat menggunakan AirPort Utility. Keduanya gratis dan memungkinkan pengguna memperbaiki konektivitas Wifi dengan cepat.


4. Periksa Apakah Noise Wifi Membuat Wifi Lambat


Sinyal Wifi dapat dipengaruhi oleh interferensi dari peralatan rumah tangga lainnya. Perangkat seperti bel pintu nirkabel, microwave, telepon nirkabel, dan perangkat nirkabel lainnya, dapat mengganggu sinyal yang datang dari router. Pengguna harus mengisolasi router untuk memperbaiki masalah ini wifi lambat.


Pastikan tidak berada di dekat perangkat nirkabel lain. Juga, sebagian besar router datang dengan dual band. Salah satunya adalah 2.4GHz, sedangkan yang lainnya adalah 5GHz. Yang pertama lebih rentan terhadap noise, sedangkan yang kedua lebih tangguh. Jadi, jika mengisolasi router tidak memungkinkan, sambungkan smartphone ke jaringan 5GHz.


Ingin tahu cara memeriksa apakah smartphone sudah terhubung ke jaringan 5GHz? Cukup buka pengaturan dan klik wifi atau WLAN. Di sana, klik wifi yang disambungkan. Jika jaringannya 5GHz, seharusnya tertulis Generasi 5 atau 5GHz di SSID atau info koneksi.


5. VPN Buruk Memicu Wifi Lambat


VPN pilihan pengguna memiliki hubungan yang kuat dengan kinerja wifi. VPN yang buruk bisa menyebabkan wifi lambat. Terkadang, pengguna mungkin tidak dapat terhubung ke internet sama sekali. Secara umum, VPN gratisan memberikan kinerja konektivitas yang buruk. Jika menggunakannya, coba nonaktifkan.


6. Tipe Ponsel Sudah Terlalu Tua


Wifi lambat adalah salah satu tanda yang memberi tahu bahwa pengguna memerlukan peningkatan fitur smartphone. Aplikasi yang dicoba digunakan mungkin terlalu intensif bagi smartphone. Dan mungkin tidak lagi diperlukan untuk menangani aplikasi sambil menawarkan konektivitas nirkabel yang stabil pada saat yang bersamaan.


Untuk memastikannya, cek apakah smartphone bermasalah dengan cara mengecek wifi di perangkat lain. Sambungkan ke jaringan dan lihat apakah wifi juga lambat di perangkat lain itu. Jika tidak, maka Anda bisa mulai berpikir untuk mengganti ponsel baru.

152
SAHAM

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar menyampaikan sektor jasa keuangan Indonesia akan semakin menguat pada sisa akhir tahun 2023 menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024. Khususnya sektor perbankan, menurutnya, capaian Dana Pihak Ketiga (DPK) maupun penyaluran kredit akan meningkat pada sisa tahun ini, dari sebelumnya sempat menurun pada paruh pertama tahun ini.


“Memang, kalau lihat dari revisi rencana bisnis bank, tetap ada optimisme yang kuat meningkat di kuartal III dan kuartal IV 2023, termasuk kredit dengan sendirinya. Itu akan kuat pada sisa akhir tahun ini. DPK maupun kredit tetap akan kuat di sisa tahun ini,” ujar Mahendra kepada awak media seusai Sidang RUU APBN Tahun Anggaran 2024 dan Nota Keuangan pada Rapat Paripurna DPR RI Tahun Sidang 2023 – 2024, di Gedung MPR/DPR, Jakarta, Rabu (16/8/2023).


Menjelang momentum Pemilu 2024, menurutnya, akan meningkatkan kinerja sektor jasa keuangan, yang juga akan berdampak terhadap aktivitas perekonomian nasional. “Dengan adanya kegiatan berkaitan dengan aktivitas Pemilu, malah diperkirakan seperti di masa lalu, juga akan meningkatkan aktivitas perekonomian. Justru, harapannya menjadi tambahan perekonomian yang bisa meningkatkan pertumbuhan itu juga,” ujar Mahendra.


Selain itu, dia menyebut penurunan peringkat dari lembaga pemeringkat utang Amerika Serikat (AS) Moody’s terhadap peringkat kredit beberapa bank kecil hingga menengah di AS, tidak akan berpengaruh terhadap kinerja sektor keuangan dalam negeri.


“Kemungkinan belum. Kalau dari kacamata, tidak akan berpengaruh ke kondisi perbankan kita. Karena, katakanlah eksposur ke perbankan kita dari AS itu sangat kecil sekali,” ujar Mahendra.


Sebelumnya, Moody’s menyatakan tengah meninjau peringkat utang sejumlah bank besar, termasuk Bank of New York Mellon, US Bancorp, State Street, dan Truist Financial.


Moody’s juga memproyeksikan pertumbuhan negatif untuk 11 lembaga keuangan, termasuk PNC Financial Services Group, Capital One Financial Corp., dan Citizens Financial Group Inc. Imbasnya, saham PNC turun 4,6 persen dan Capital One kehilangan 3 persen.


Adapun, pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2023 di Gedung MPR/DPR/DPD RI hari ini, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengajak semua pihak untuk bersama-sama mengembangkan industri keuangan digital Indonesia agar dapat bertumbuh secara sehat, berkelanjutan, dan senantiasa mengutamakan pelindungan konsumen.


“Penguatan daya saing industri keuangan digital kita akan menjadi sumber pertumbuhan ekonomi nasional yang inklusif, berkelanjutan, dan berkeadilan,” kata Bamsoet.

sumber : antara

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)