Amazon Bayar Rp 15,72 Triliun Langganan Microsoft Office - CNBC Indonesia

 

Amazon Bayar Rp 15,72 Triliun Langganan Microsoft Office

Tech
Foto: Microsoft (REUTERS/Thomas Peter )

Jakarta, CNBC Indonesia - Microsoft dikabarkan sukses menarik Amazon.com untuk menggunakan layanan cloud Microsoft 365. Raksasa ecommerce tersebut dikabarkan membayar US$ 1 miliar untuk berlangganan.

Reuters melaporkan rencana Amazon.com berlangganan Microsoft 365 berdasarkan artikel di Insider yang mengutip dokumen internal dan beberapa narasumber yang mengetahui kesepakatan antara kedua perusahaan teknologi tersebut.

Kesepakatan senilai US$ 1 miliar atau Rp 15,72 triliun adalah biaya berlangganan untuk sekitar 1 juta pengguna selama kurang lebih 5 tahun.


Amazon, perusahaan yang didirikan oleh Jeff Bezos, sebetulnya memiliki perusahaan cloud sendiri yang bernama AWS (Amazon Web Services). Namun, AWS tidak menyediakan platform software-as-a-service untuk pekerja kantoran seperti Microsoft 365. 

Microsoft menolak merespons pertanyaan dari Reuters, sedangkan Amazon tidak merespons.

Amazon mulai memasang sistem Microsoft 365 bulan depan. Saat ini, pegawai Amazon menggunakan produk Microsoft Office yang diinstal secara lokal di server milik sendiri atau di komputer para pegawai.

Menurut Research and Market, pasar software untuk kantor bernilai US$ 24,45 miliar sepanjang 2022 dan diperkirakan tumbuh menjadi US$ 37,06 miliar pada 2028.

Saingan terbesar Microsoft 365 adalah Google Workspace, yang diperkirakan menguasai sekitar 50 persen dari total pasar.

Saksikan video di bawah ini:

Efek Domino Masifnya Bisnis Cloud,Industri Internet Ikut Cuan


(dem/dem)

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)