Awas! Kamera iPhone Pria Ini Rusak Gegara Laser di Club - Detikinet

 

Awas! Kamera iPhone Pria Ini Rusak Gegara Laser di Club

Adi Fida Rahman - detikInet
Jumat, 22 Mar 2024 10:45 WIB
iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max
Kamera iPhone Pria Ini Rusak Gegara Laser di Club Foto: Getty Images
Jakarta-

Kamera iPhone 14 Pro milik seorang pria rusak saat clubbing. Penyebabnya ditengarai karena laser di club yang didatanginya.

Kepada PetaPixel, pria asal Inggris itu menceritakan kronologinya. Jadi di malam itu dia tengah mengambil beberapa video untuk mengabadikan meriahnya pesta.

Ada momen laser mengenai kamera iPhone 14 Pro yang digunakan. Setelahnya dia mulai mendapati gambar pada layar mulai pecah dan muncul titik-titik warna.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Awalnya saya mengira ini mungkin hanya kesalahan pada aplikasi kamera, jadi saya memulai ulang aplikasinya, tetapi tidak ada bedanya," ujarnya.

"Saya kemudian mengunduh aplikasi kamera alternatif dan mencoba me-restart telepon tetapi tidak ada yang membantu. Saya sadar pasti ada masalah pada kamera yang disebabkan oleh laser yang digunakan DJ."

ADVERTISEMENT
iPhone
Hasil kamera iPhone 14 Pro setelah kena laser. Foto: PetaPixel
iPhone
Hasil kamera iPhone 14 Pro setelah kena laser. Foto: PetaPixel

Masalah tersebut tidak dapat diperbaiki walau dia melakukan hard reset pada iPhone 14 Pro..

"Saya masih menunggu kabar dari asuransi dengan frustrasi. Saya dapat membeli modul kamera asli bekas dengan harga sekitar £50, namun karena perangkat lunak Apple mengunci komponen perangkat keras akan menampilkan peringatan/pesan kesalahan menurut yang saya baca," ujarnya.

Ini bukan pertama kalinya insiden laser di club merusak sensor kamera. Hal serupa sempat terjadi pada pertunjukan rap di Naples, Italia tahun lalu (video di bawah ini).

Pada tahun 2021, Sony, yang menyediakan sensor kamera untuk Apple, secara resmi menerbitkan peringatan di situsnya. Mereka menyatakan bahwa laser dapat menyebabkan kerusakan pada sensor gambar kameranya.

"Jangan memaparkan Lensa secara langsung ke sinar seperti sinar laser. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada sensor gambar dan menyebabkan kamera tidak berfungsi," bunyi peringatan yang diterbitkan pada Juli 2021.

"Catatan: Baik di lingkungan luar maupun dalam ruangan ketika terdapat tampilan laser, kecenderungan kerusakan langsung atau tidak langsung (pantulan sinar laser dari objek reflektif) pada Sensor CMOS kamera masih sangat tinggi."



Simak Video "Apple Terancam Denda Rp 8,4 T, Kenapa?"

(afr/afr)

Komentar

Baca Juga

Opsi Media Informasi Group

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin