10 Perusahaan Terkemuka Israel yang Kiprahnya Berdampak Global - Selular ID

 

10 Perusahaan Terkemuka Israel yang Kiprahnya Berdampak Global - Selular

Selular.ID – Sejak didirikan pada 14 Mei 1946, Israel selalu menjadi bagian dari konflik global, khususnya kawasan Timur Tengah.

Kini perseteruannya dengan Hamas, kelompok militan Palestina, memasuki babak baru. Serangan Hamas yang menewaskan 1.200 penduduk Israel di perbatasan Gaza pada 7 Oktober 2023, membuat negeri zionis itu memilih untuk kembali mengobarkan perang.

Tak tanggung-tanggung, kebiadaban Israel sejauh ini telah merenggut lebih dari 22.000 warga sipil di Jalur Gaza.

Israel bertekad untuk tidak menghentikan operasi militer hingga  mampu mengalahkan Hamas, meski warga dunia mengecam keras aksi brutal tersebut.

Terlepas dari kecamuk perang yang hingga kini belum menunjukkan tanda-tanda mereda, harus diakui Israel adalah negara terdepan di bidang teknologi.

Bahkan pesatnya perkembangan teknologi tinggi Israel yang dinamis telah memberikan dampak besar di seluruh dunia. Perusahaan-perusahaan Israel terus memukau pasar dengan spektrum teknologi yang disruptif.

Mulai dari solusi layanan kesehatan canggih hingga fintech dan perangkat lunak keamanan, serta teknologi berkelanjutan baru yang mengubah produksi pangan global.

Baca Juga: Daftar Miliarder Teratas Israel, Mark Zukberberg Disalip Miriam Adelson

Di Israel, perpaduan keahlian teknologi mutakhir dan perasaan bahwa segala sesuatu mungkin terjadi telah memicu gelombang besar energi kewirausahaan selama beberapa dekade terakhir.

Startup Israel yang paling sukses mengalami pertumbuhan eksponensial dan kini diperdagangkan di bursa saham terbesar dunia.

Israel selalu melakukan yang terbaik di hampir semua bidang, termasuk teknologi tinggi. Merek seperti alat bantu navigasi Waze dan Sodastream kini menjadi nama terkenal di seluruh dunia.

Banyak perusahaan Israel yang menjadi pemimpin dunia seperti Teva yang merupakan salah satu perusahaan farmasi generik terbesar, dan ICL Group yang merupakan salah satu perusahaan pupuk terbesar di dunia.

Berikut adalah daftar sepuluh perusahaan terkemuka Israel yang memberikan dampak signifikan dan memberikan produk inovatif serta layanan yang mengubah hidup jutaan orang di seluruh dunia.

Sebagian diantaranya telah melantai di NYSE dan Nasdaq, menunjukkan pencapaian inovasi dan teknologi yang signifikan di pasar global.

AudioCodes

AudioCodes adalah perusahaan global yang berbasis di pusat bisnis Kota Bandara Israel, Lod. Dikenal juga sebagai Lydda, Lod adalah sebuah kota yang terletak 15 km tenggara Tel Aviv dan 40 km barat laut Yerusalem di Distrik Tengah Israel.

AudioCodes menyediakan perangkat lunak dan produk komunikasi canggih untuk bisnis dan penyedia layanan di seluruh dunia.

Tercatat lebih dari 60% perusahaan telekomunikasi besar menggunakan produk AudioCodes. Perusahaan ini juga menyediakan One Voice untuk Microsoft 365.

AudioCodes didirikan pada tahun 1993 dan merupakan salah satu perusahaan teknologi tinggi Israel pertama yang menjadi kekuatan internasional yang besar.

Model bisnis AudioCodes yang sangat sukses dibangun di sekitar jaringan mitra lebih dari seribu pengecer di lebih dari seratus negara berbeda.

AudioCodes benar-benar memiliki jangkauan global dan mendominasi ceruk teknologi dan pasarnya. Perusahaan ini juga berinvestasi besar-besaran pada produk-produk baru berbasis AI di pusat penelitian dan pengembangannya di Israel.

AudioCodes adalah contoh luar biasa dari perusahaan Israel yang memanfaatkan keahlian teknologinya untuk menjadi pemimpin pasar global.

Wix.com

Platform pembuatan situs web Wix.com yang ramah pengguna memiliki lebih dari 200 juta penggemar, termasuk usaha kecil, wirausaha, dan profesional kreatif.

Wix telah mempermudah orang untuk membuat situs web mereka sendiri tanpa pengetahuan coding. Perusahaan yang berbasis di Tel Aviv (juga merupakan komponen Russell 1000) memiliki misi untuk memberdayakan masyarakat untuk menciptakan kehadiran online dan mengembangkan bisnis mereka sendiri.

Teknologi Wix membuka ekonomi digital dengan memberikan cara yang mudah diakses, terjangkau, dan nyaman bagi pengusaha perorangan dan startup untuk membangun bisnis online dan bersaing dengan perusahaan besar.

Wix adalah perusahaan yang sangat dinamis yang telah melakukan beberapa akuisisi strategis sejak go public pada November 2013.

Akuisisi tersebut meliputi DeviantArt, Inkforg, dan Modalyst, serta sejumlah aplikasi e-commerce dan solusi bisnis lainnya.

Meskipun bisnis utama Wix adalah menyediakan platform situs web, Wix jelas memiliki ambisi besar di bidang ritel online dan merupakan perusahaan yang mungkin akan mengejutkan banyak orang seiring dengan ekspansinya yang lebih jauh dalam jangka menengah.

ICL Group

ICL adalah perusahaan mineral khusus global terkemuka dan salah satu perusahaan pupuk terbesar di dunia, dengan lebih dari 13.000 karyawan dan 24 pusat Litbang di seluruh dunia.

Perusahaan ini menciptakan dampak positif setiap hari dengan solusi inovatifnya untuk pangan, pertanian, dan produk industri.

Solusi pupuk dan nutrisi tanaman inovatif ICL membantu meningkatkan hasil panen, meningkatkan kualitas tanaman, dan meningkatkan kesuburan tanah.

ICL berkomitmen untuk menerapkan SDG – Sustainable Development Goals (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan) PBB termasuk Zero Hunger, dan solusi FoodTech dan AgTech inovatif mereka membantu mewujudkan ketahanan pangan bagi jutaan orang di seluruh dunia.

Agmatix, sebuah bisnis start-up AgTech milik ICL mentransformasikan peran Agtech dengan platform teknologi revolusionernya yang mengubah big data agronomi menjadi model dan wawasan yang kuat.

ICL juga mendirikan Planet Startup Hub, akselerator Teknologi Pangan dan Agtech untuk menghadirkan ide-ide inovatif ke pasar.

Produk ICL digunakan oleh petani, ahli agronomi, dan produsen pangan di lebih dari 100 negara, termasuk Tiongkok, India, dan Brasil.

Baca Juga: Perang Hamas Membuat Sektor Pariwisata dan Teknologi Israel Babak Belur

Halaman Selanjutnya…

  1. Check Point

Perusahaan keamanan Check Point didirikan di Ramat Gan pada 1993 oleh Gil Schwed dan veteran lain dari Unit IDF 8200.

Check Point memiliki reputasi dunia dalam melindungi bisnis dan pemerintah dari ancaman dunia maya dan pelanggaran data.

Perusahaan ini memiliki 6.000 karyawan dan hadir di lebih dari 70 negara, dan teknologinya digunakan oleh ribuan organisasi di seluruh dunia.

Klien Check Point mencakup perusahaan Fortune 500, lembaga pemerintah, penyedia layanan kesehatan, dan organisasi lain yang menyimpan data sensitif.

Perangkat lunak dan perangkat keras inovatif Check Point memberikan perlindungan yang andal di seluruh spektrum TI.

Seiring dengan meningkatnya ancaman online (dan tuntutan peraturan resmi), keamanan siber adalah sesuatu yang tidak dapat diabaikan oleh perusahaan atau organisasi mana pun.

Perusahaan mana pun yang menyimpan data sensitif harus berinvestasi dalam perlindungan terkini dan Check Point adalah pemimpin global di bidangnya. Dengan pendapatan lebih dari $17 miliar dan dominasi teknologi di bidangnya, Check Point adalah kisah sukses besar Israel.

  1. Teva

Teva (Bahasa Ibrani untuk alam) adalah perusahaan farmasi multinasional yang berbasis di Tel Aviv dan merupakan komponen Indeks TA-35.

Misi Teva adalah meningkatkan akses terhadap obat-obatan yang terjangkau dan meningkatkan kesehatan global, terutama melalui pemasaran obat-obatan generik.

Produk Teva digunakan oleh jutaan pasien di seluruh dunia, termasuk di AS, Eropa, dan negara berkembang. Obat generik Teva membantu mengurangi biaya perawatan kesehatan, meningkatkan akses terhadap obat-obatan yang menyelamatkan jiwa, dan meningkatkan kualitas hidup jutaan orang.

Teva dapat menelusuri akarnya hingga ke Yerusalem pada masa Kekaisaran Ottoman, namun kini telah hadir di seluruh dunia dan memiliki lebih dari 35.000 karyawan.

Teknologi baru mendorong revolusi dalam layanan kesehatan dan Teva akan menjadi yang terdepan dalam menyediakan solusi terjangkau bagi pasien di seluruh dunia.

Mereka baru saja mengumumkan persetujuan FDA terhadap UZEDY™, pengobatan untuk Skizofrenia pada orang dewasa, yang merupakan contoh lain dari Teva yang memiliki dampak global terhadap kehidupan!

  1. Netafim

Netafim adalah perusahaan Israel yang memproduksi peralatan irigasi serta teknologi dan perangkat lunak pengelolaan tanaman.

Netafim memanfaatkan pengalaman Israel dalam menghijaukan gurun untuk mempromosikan praktik pertanian berkelanjutan dan melestarikan sumber daya air di seluruh dunia.

Teknologi mereka digunakan oleh petani di lebih dari 110 negara, termasuk Amerika Serikat, Tiongkok, dan India. Solusi irigasi cerdas Netafim memanfaatkan kemajuan teknologi terkini untuk membantu mengurangi limbah air, meningkatkan hasil panen, dan memberdayakan petani dan ahli agronomi, terutama mereka yang bertani di lahan marginal, atau menghadapi tantangan perubahan iklim.

Tidak seperti biasanya untuk perusahaan besar dengan pendapatan lebih dari $1 miliar, Netafim sebagian dimiliki oleh Kibbutz (Kibbutz Hatzerim adalah 20% pemangku kepentingan di perusahaan tersebut).

  1. Amdocs

Amdocs adalah perusahaan komponen Russell 1000 yang asal usulnya tidak terduga. Perusahaan ini memulai kehidupannya sebagai cabang dari perusahaan direktori telepon Israel, Golden Pages.

Amdocs tumbuh pesat berkat kekuatan perangkat lunak penagihannya yang revolusioner dan kemudian melakukan diversifikasi ke sektor-sektor baru, termasuk sektor seluler yang baru lahir.

Langkah strategis ini memungkinkan Amdocs untuk go public, melantai di NYSE, dan akhirnya Nasdaq. Amdocs kini berbasis di AS namun tetap memiliki kehadiran yang kuat di Israel.

Perangkat lunak dan layanan Amdocs sangat dihargai oleh klien di industri komunikasi, media, dan jasa keuangan. Program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Amdocs berkontribusi pada operasi bantuan besar-besaran setelah letusan Gunung Berapi Taal di Filipina pada tahun 2020.

  1. OrCam

OrCam terletak di lingkungan Har Hotzvim di Yerusalem. Mereka adalah perusahaan luar biasa yang menggunakan teknologi inovatif untuk meningkatkan kualitas hidup para tunanetra.

Perangkat buatan OrCam dirancang untuk dikenakan secara diam-diam dengan kacamata biasa dan untuk membaca serta memverbalisasikan teks kepada pengguna.

Teknologi OrCam membuat perbedaan nyata dalam kualitas hidup jutaan orang di seluruh dunia. Penyandang tunanetra, yang sebelumnya menghadapi keterbatasan dan keterbatasan besar, karena disabilitas mereka kini mencapai kemandirian yang lebih besar.

Pemakai OrCam mengakses informasi dan berfungsi di lingkungan sehari-hari mereka jauh lebih efektif. Penggunaan teknologi inovatif OrCam untuk mengubah kualitas hidup masyarakat akan semakin meningkat seiring mereka berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan yang lebih canggih, termasuk algoritma yang digerakkan oleh AI.

  1. Payoneer

Payoneer adalah perusahaan jasa keuangan yang menyediakan transfer uang online dan layanan pembayaran digital yang aman dan nyaman bagi pelanggan di seluruh dunia.

Payoneer juga menawarkan modal kerja kepada pelanggannya. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2005 oleh Yuval Tal dan menarik investor besar, termasuk Naftali Bennett yang kemudian pernah menjabat sebagai Perdana Menteri Israel.

Payoneer berspesialisasi dalam pembayaran B2B lintas batas dan layanan terukurnya populer di kalangan perusahaan besar yang perlu melakukan pembayaran massal.

Meskipun Payoneer menganggap perusahaan-perusahaan raksasa seperti Google, Amazon, dan Walmart sebagai kliennya, Payoneer menawarkan layanan yang ramah pengguna untuk semua ukuran bisnis, serta kartu debit prabayar dan nomor rekening bank virtual dalam mata uang lokal.

  1. Lightricks

Lightricks adalah perusahaan perangkat lunak Yerusalem yang mengembangkan aplikasi pengeditan video dan gambar pada perangkat seluler.

Aplikasinya telah diunduh lebih dari 500 juta kali dan sebagian besar ditawarkan secara freemium. Lightricks didirikan pada tahun 2013 dan dianggap sebagai contoh klasik dari perusahaan bootstrap yang tumbuh hanya dari konsep jenius dan antusiasme serta energi dari lima pendirinya (semuanya mahasiswa di Universitas Ibrani Yerusalem).

Lightricks memiliki kantor di UE, Inggris, dan AS namun tetap setia pada asal-usulnya dengan kantor pusat perusahaan di Yerusalem.

Lightricks saat ini memiliki lebih dari 450 karyawan dan terkenal dengan aplikasi pengeditan selfie Facetune yang populer.

Baca Juga: Gubernur Bank Sentral Inggris Sebut Konflik Israel-Hamas Persulit Upaya Menekan Laju Inflasi

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin