SpaceX raih kontrak dari NASA untuk De-orbit ISS pada 2030 - Tek id

Canva akuisisi perangkat lunak kreatif Affinity, tantangan baru bagi dominasi Adobe di industri desain digital - Hops ID

 

Canva akuisisi perangkat lunak kreatif Affinity, tantangan baru bagi dominasi Adobe di industri desain digital - Hops ID

Hops.ID - Platform desain berbasis web Canva telah mengakuisisi rangkaian perangkat lunak kreatif Affinity, yang memposisikan dirinya sebagai penantang dominasi Adobe dalam industri desain digital.

Dilansir dari website resmi Canva pada 28 Juni 2024, platform tersebut mengumumkan kesepakatan tersebut, memberinya kepemilikan atas Affinity Designer, Photo, dan Publisher.

Sedikit informasi, Canva adalah alat bantu desain dan publikasi online berbasis web. Aplikasi ini pertama kali diluncurkan pada 2013. 

Baca Juga: Azriel Hermansyah lamar Sarah Menzel di hadapan keluarga, teriakan suara Anang Hermansyah jadi sorotan

Ketiga aplikasi kreatif populer untuk Windows, Mac, dan iPad ini menawarkan fungsionalitas serupa dengan perangkat lunak Adobe Illustrator, Photoshop, dan InDesign.

Angka resmi untuk kesepakatan tersebut belum diungkapkan, namun Bloomberg melaporkan bahwa kesepakatan tersebut bernilai "ratusan juta pound (Inggris).

Namun, akuisisi ini masuk akal karena perusahaan yang berbasis di Australia ini berupaya menarik lebih banyak profesional kreatif.

Baca Juga: Bantah rumor berselingkuh dengan Juliette Angela, Anji Manji: Itu tidak benar

Pada bulan Januari tahun ini, platform desain Canva memperoleh sekitar 170 juta pengguna bulanan di seluruh dunia. Banyak orang mungkin tidak menggunakan perangkat lunak Adobe yang sebanding seperti Express, namun tidak seperti Adobe, Canva memiliki aplikasi desain sendiri.

Menurut Canva, aplikasi Affinity digunakan oleh lebih dari 3 juta pengguna di seluruh dunia.

Meskipun ini hanya sebagian kecil dari basis pengguna Adobe, Affinity tidak boleh dianggap remeh di sini.

Baca Juga: Anak jadi penuh empati karena orang tua mau minta maaf atas kesalahannya, berikut 4 tips yang perlu dilakukan

Keputusan untuk menawarkan aplikasi Affinity sebagai pembelian satu kali tanpa biaya berlangganan menjadikannya pilihan populer, terutama di kalangan pengembang yang secara aktif mencari alternatif untuk ekosistem desain berbasis langganan Adobe telah mendapatkan pengikut setia.

Dalam sebuah wawancara dengan the Verge, salah satu pendiri Canva, Cameron Adams, mengatakan bahwa aplikasi Affinity akan tetap independen dari platform Canva, tetapi akan ada beberapa integrasi kecil seiring berjalannya waktu.

“Tim produk kami sudah mulai berdiskusi dan ada beberapa rencana segera untuk beberapa integrasi ringan, namun kami yakin produk itu sendiri akan selalu terpisah,” kata Adams.

Baca Juga: 3 Tips untuk tulang anak tetap sehat dan kuat, investasi penting bagi masa depan mereka

Penambahan Affinity dan 90 karyawan yang berbasis di Inggris memberi Canva lebih banyak peluang untuk bersaing dengan Adobe di pasar perangkat lunak kreatif yang lebih luas.

Dan mengingat betapa menariknya platform Canva yang berfokus pada kesederhanaan bagi para pembuat konten, mungkin ada ceruk pasar yang terbuka lebar untuk menarik para profesional yang bosan dengan biaya yang dikeluarkan untuk berlangganan Adobe.***

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsiin