Google Hadirkan Centang Biru di Gmail Android dan iOS | WinPoin

 

Google Hadirkan Centang Biru di Gmail Android dan iOS | WinPoin

Satu tahun sejak pertama kali kita mendapatkan kabar bahwa Gmail Akan Terapkan Centang Biru Mirip Dengan Twitter dimana fitur ini merupakan bagian dari fitur keamanan yang akan memverifikasi pengguna resmi.

Nah sama seperti di sosial media dan layanan lainnya, centang biru ini akan membantu pengguna memverifikasi bahwa email yang mereka terima ini berasal dari sumber terpercaya, bukan penipu yang mencoba mencuri data dan uang pengguna, tanda centang biru ini sendiri akan tampil disisi kanan nama pengirim.

Mengenai centang biru ini, Google baru baru ini telah memperbarui fitur ini dengan menghadirkan tanda centang biru di Gmail untuk Android dan iOS, dengan pembaruan akan diluncurkan secara bertahap untuk beberapa minggu kedepan.

Contohnya seperti pada gambar diatas, dimana nantinya pengguna aplikasi Gmail akan dapat melihat centang biru pada email yang telah terverifikasi oleh Google.

Nah untuk mendapatkan centang biru ini, ini sebenarnya merupakan fitur Gmail yang disebut dengan BIMI / Brand Indicators for Message Identification dimana BIMI juga memungkinkan pengirim dengan merek dagang terdaftar untuk memverifikasi logo merek mereka melalui pihak ketiga sebelum menampilkannya sebagai avatar Gmail.

Sementara itu beberapa pengirim mungkin tidak memiliki merek dagang terdaftar tetapi ingin membuktikan keabsahan mereka kepada penerima pesan. Untuk kasus tersebut, Gmail kini mendukung jenis sertifikat BIMI baru yang disebut Common Mark Certificate (CMC). Sertifikat ini memungkinkan “lebih banyak pengirim untuk menggunakan BIMI, yang mungkin tidak memiliki merek dagang terdaftar yang diperlukan untuk Verified Mark Certificate (VMC).”

Menurut Google nantinya pengirim pesan dapat menampilkan avatar brand mereka di Gmail dengan CMC, tetapi tidak akan ada tanda centang biru seperti VMC.

Pembaruan ini sendiri kini telah hadir untuk pengguna Google Workspace dan pengguna Gmail pribadi.

Via : Google

Written by

Penulis, Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan.

Post navigation

Previous Post

Next Post

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)