WhatsApp Web Makan Banyak RAM, Apa Solusinya? | WinPoin

 

WhatsApp Web Makan Banyak RAM, Apa Solusinya? | WinPoin

Untuk pengguna WhatsApp, agar berkomunikasi menjadi lebih mudah tentunya kita biasa menghubungkan aplikasi di smartphone dengan perangkat PC atau laptop via aplikasi WhatsApp atau Web di browser andalan kita.

Dengan itu, kita bisa tetap bekerja dan berkomunikasi tanpa harus aktif menatap layar smartphone yang justru akan membuat kita terdistraksi akibat sosial media yang juga terinstall di perangkat tersebut.

Namun, akhir akhir ini saya mendapati suatu kasus yang mungkin kamu rasakan juga, apalagi jika kamu aktif dalam penggunaan WhatsApp Web dimana akses tersebut akan memakan banyak ram usage jika aktif terlalu lama.

Seperti pada gambar diatas, WhatsApp web memakan setidaknya 2 GB RAM yang tentu akan sangat memberatkan sistem apalagi jika kapasitas RAM yang dipakai tidak terlalu besar.

Coba komen dibawah guys, apakah kamu juga mengalami hal yang sama? jika iya solusi terbaik yang bisa kita lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi WhatsApp yang tersedia di Microsoft Store, karena pemakaian RAM-nya saya rasa tidak terlalu besar dan bahkan masih dibawah 1 GB.

Selain itu, jika kamu ingin tetap menggunakan WhatsApp Web, direkomendasikan juga untuk setiap beberapa jam sekali kamu relaunch browser kamu dan tidak membiarkan akses web yang kamu buka (termasuk whatsapp web) standby cukup lama. Karena entah mengapa, semakin lama standby meski tidak kita gunakan, pemakaian ram akan melonjak drastis seperti pada gambar yang saya tunjukan diatas.

Nah itulah solusi sederhana yang bisa kamu coba jika kamu aktif menggunakan WhatsApp di PC atau Laptop kamu, jika kamu pengguna Windows atau Mac, tentu direkomendasikan untuk menginstall aplikasi yang tersedia di masing masing app store, namun jika kamu pengguna Linux tentu solusi terbaik tetap menggunakan WhatsApp Web atau menginstall aplikasi pihak ketiga seperti Franz.

Written by

Penulis, Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan.

Post navigation

Previous Post

Next Post

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)