Microsoft Ingatkan Akhir Masa Dukungan Office 2016 dan 2019 | WinPoin

 

Microsoft Ingatkan Akhir Masa Dukungan Office 2016 dan 2019 | WinPoin

Apakah kamu masih ada yang menggunakan Microsoft Office 2016 atau 2019? jika ada perlu kamu ketahui bahwa baru baru ini Microsoft telah memberikan pengumuman terkait akhir masa dukungan kedua versi tersebut.

Dalam halaman Tech Community mereka, Microsoft mengungkapkan bahwa satu tahun dari sekarang yaitu 14 Oktober 2025, dukungan untuk Microsoft Office 2016 dan Microsoft Office 2019 akan diakhiri baik itu Office Suite, Office Apps dan Productivity Server yang tercantum pada daftar berikut akan terpengaruh dari hal ini.

Selain memberikan penjelasan mengenai aplikasi apa saja yang akan diakhiri, Microsoft juga menjelaskan apa saja yang tidak akan lagi disediakan Microsoft jika masa dukungan telah berakhir, itu mencakup :

  • Perbaikan keamanan untuk kerentanan yang ditemukan dan dapat membuat perangkat, aplikasi, atau server lebih rentan terhadap pelanggaran keamanan. 
  • Perbaikan bug untuk masalah yang ditemukan dan dapat memengaruhi stabilitas dan kegunaan produk. 
  • Dukungan teknis untuk masalah yang mungkin terjadi. 

Dengan kata lain, berakhirnya dukungan berarti tidak akan ada lagi update keamanan yang dapat menambal kerentanan / vulnerability kritis yang bisa saja mengganggu keamanan sistem bahkan data pengguna. Namun bukan berarti aplikasi Office akan berhenti bekerja karena sama seperti Microsoft Office 2013 yang saat ini masih dapat diinstall di Windows 10 edisi pertama.

Rekomendasi Update?

Jika kamu ingin memperbarui lisensi Microsoft Office, tentunya menggunakan versi 2024 lebih direkomendasikan karena masih baru diluncurkan dan memiliki masa dukungan paling panjang.

Namun selain itu Office 2021 juga sudah worth it untuk kamu pakai kok, apalagi jika kamu sudah memiliki lisensi-nya, dengan kata lain jika kamu sudah punya Office 2021, jangan terburu buru membeli lisensi Office 2024 karena fungsi umumnya masih sama.

Selain itu, jika kamu ingin akses yang lebih maksimal, berlangganan Microsoft 365 tentu juga bagus loh, apalagi kamu aktif bekerja dalam lingkungan kerja Microsoft termasuk OneDrive dan layanan lainnya.

Oh iya, perlu diingat, masa dukungan kedua versi Office ini masih lama, yaitu 1 tahun dari sekarang, jadi santai saja guys, untuk sekarang segera ajukan lisensi baru ke kantor kamu, atau mengumpulkan uang untuk membeli lisensi baru.

Via : Microsoft

Written by

Penulis, Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan.

Post navigation

Previous Post

Next Post

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Tekno 


 Postingan Lainnya 

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)